Buick Riviera Mobil Berfitur Layar Sentuh Pertama Di Dunia

Buick Riviera Mobil Berfitur Layar Sentuh Pertama di Dunia

KabarOto.com – Pada zaman sekarang, fitur layar sentuh pada headunit mobil bukanlah hal baru. Bahkan bisa dibilang fitur tersebut sudah biasa saja, karena harga untuk headunit monitor sekarang cukup terjangkau.

Pabrikan biasanya memberi fitur untuk pemutar entertainment saja, tapi jika di mobil sekelas sportcar atau Tesla, fiturnya bisa jauh lebih dari pemutar musik, yakni dapat mengatur AC, mengatur setingan mesin, mengganti drive mode dan sebagainya.

Tapi apakah kalian tahu? Kalau fitur-fitur tersebut sebenarnya sudah cukup lama ditemukan loh, jadi bisa dibilang layar sentuh pada masa sekarang hanya sebuah pengembangan saja dan bukan sesuatu benar-baru. Pabrikan pertama yang mengusung teknologi layar sentuh ini adalah Buick.

Baca Juga : Panel Interior Mobil Rusak? Bisa Diperbaiki Kok

Buick adalah pabrikan pertama kali menyematkan fitur tersebut pada mobil produksi massalnya. Kala itu, yang beruntung dipasangkan adalah Buick Riviera tahun 1986, sebuah sedan mewah. Desainnya khas mobil Amerika pada masa itu, bentuk mengotak, banyak aksen krom, sehingga tampilannya terlihat jauh lebih eksklusif.

Tapi kita tidak akan membahas soal desain mobil ini, melainkan bagian paling menariknya adalah fitur layar sentuhnya begitu canggih pada masa itu. Bahkan bisa dibilang, ini jauh lebih canggih ketimbang fitur layar sentuh mobil sekarang loh.

Baca Juga : Potensi Sarang Penyakit, Yuk Sayangi Kabin Mobilmu Sendiri!

Pertama, memang layar ini tidak memiliki ukuran besar, serta jangan harap bisa menonton televisi. Sebab layarnya masih mengusung monokrom dengan warna tulisan hijau. Tapi bukan masalah besar karena zaman itu mungkin belum memungkinkan menghadirkan layar full digital.

Meskipun begitu, kekurangannya tertutup kok dengan kelebihannya, misalnya saja untuk mendengarkan musik, kita bisa melakukan penyetelan radio, serta pengaturan volume dan pengantian stasiun bisa dipilih tanpa tombol pemutar gelombang. Asyiknya lagi, setingan equalizer seperti bass, middle, treble juga bisa diatur sendiri. Tidak hanya itu, balance output suara speaker juga bisa disesuaikan, kita juga dapat mengarahkan suara dominan pada bagian depan atau belakang, kiri atau kanan. Canggih kan sob!

Eits, belum selesai nih headunit ini juga dapat diganti fiturnya menjadi pengaturan AC loh. AC-nya sendiri sudah mengusung fitur auto menyesuaikan suhu udara. Selain itu, karena mobil ini Amerika, jadi wajib adanya heater sebagai penghangat, tapi belum ada pengatur arah semburan.

Fitur pelengkap lainnya adalah seperti jam, lalu pengatur waktu perjalanan, jadi kita bisa memasukkan jarak tempuh perjalanan kita, lalu mobil dapat menghitung berapa lama kita bisa sampai di tujuan tersebut. Walau fitur ini pastinya tidak begitu akurat zaman sekarang karena macet, tapi mungkin dulu belum semacet sekarang, jadi bisa tepat waktu.