Potensi Sarang Penyakit, Yuk Sayangi Kabin Mobilmu Sendiri!

Potensi Sarang Penyakit, yuk Sayangi Kabin Mobilmu Sendiri! Foto: Kipli

KabarOto.com - Anda pemilik kendaraan penumpang, sudah sewajarnya sobat Kabaroto memiliki peralatan pembersih mobil yang lengkap. Apalagi di musim hujan, kotoran akan mudah masuk melalui alas kaki yang kemungkinan membawa sumber penyakit.

Pastinya vacuum cleaner yang ampuh menyedot debu di sekitar jok atau interior mobil harus dimiliki. Selain mudah dan praktis, sobat juga bisa lebih hemat waktu menyedot di wilayah karpet.

Menilik kebiasaan atau tradisi, alat kebersihan seperti kemoceng, kain lap atau sapu lidi merupakan andalan saat melakukan aktivitas bersih-bersih jok mobil. Bahkan menyiasati bebas debu di area ini, tak jarang kebiasaan menepuk-nepuk permukaan jok menjadi hal yang biasa.

vacuum cleaner

“Sebenarnya cara itu kurang tepat. Alasannya debu yang beterbangan biasanya akan kembali hinggap di area sekitar jok. Niat awal mau bersih-bersih jelas tidak efektif. Belum lagi efek lainnya yang tak kalah mengganggu yakni kesehatan mata dan hidung,” jelas Widodo, Team Leader CarSpa, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Optimalkan Performa Motor Dengan Membersihkan Ruang Bakar

penyedot debu

Hal ini bisa diatasi oleh vacuum cleaner. Apalagi penggunaan alat ini lebih praktis dan mampu berfungsi maksimal menyedot debu dan kotoran kecil lain di dalam kabin mobil sobat Kabaroto.

"Ada banyak ragam jenis vacuum cleaner di pasaran. Sumber tenaganya mulai dari listrik hingga AC/DC memiliki daya 12 Volt, mau yang mini maupun besar juga ada, tergantung kebutuhan. untuk kemudahan, lebih baik pakai yang mini agar bisa dibawa di bagasi tanpa memakan ruang terlalu banyak," ujar Surya Halim Nugroho, pemilik car detailing Otospa di bilangan Cimone, Tangerang.

fitur vacuum cleaner

Selain praktis disimpan, sumber tenaganya hanya tinggal colok ke lighter di kabin. Selain performanya yang baik untuk menyedot kotoran yang melekat di sekitar area jok, fitur-fitur vacuum cleaner pun dapat dipilih sesuai peruntukan, seperti daya sedot dan berbagai jenis kepala penyedot yang dapat dipergunakan hingga ke sela-sela. Jadi, maksimalkan vacuum cleaner untuk membersihkan jok mobil dan karpet sobat Kabaroto, ya!