POPULAR STORIES

Ini Pentingnya Isopropil Alkohol Saat Pengerjaan Coating

Ini Pentingnya Isopropil Alkohol Saat Pengerjaan Coating Tampilan mobil sesudah di coating. (Foto : Finegloss)

KabarOto.com - Pelapisan (coating) telah menjadi kebutuhan bagi kendaraan-kendaraan masa kini. Tujuannya tidak hanya sekadar untuk menjaga tampilan mobil tetap bersih, tetapi juga dapat dianggap sebagai investasi jangka panjang untuk mempertahankan kondisi eksterior mobil agar selalu terlihat optimal.

Sebelum proses pelapisan, mobil biasanya akan di poles terlebih dahulu untuk menghilangkan goresan-goresan pada bodi mobil. Kemudian, langkah berikutnya adalah membersihkannya menggunakan Isopropil alkohol atau alkohol murni.

Tujuan proses ini menentukan bagus atau tidaknya hasil polesan. “Kalau dulu obat poles kan banyak mengandung filler, nah kalau ada filler itu baret halus akan tertutup sementara, kalau filler-nya sudah tidak ada, baret itu akan muncul lagi,” ujar Kevin Lee selaku punggawa Finegloss.

Baca Juga : Mau Beli Mobil Baru? Pilih Warna Mobil Ini Agar Tidak Mudah Kotor

Namun karena isopropil alkohol murni sekarang carinya lumayan susah. Akhirnya Finegloss gunakan produk serupa dari Sonax Profiline Paint Prepare yang lebih praktis penggunaannya.

Setelah tahapan penggosokan selesai, sisa-sisa dari penggunaan cairan penggosok atau minyaknya akan dibersihkan menggunakan isopropil alkohol, sehingga kita dapat mengidentifikasi area yang masih terdapat goresan.

Setelah proses pembersihan dengan alkohol selesai, dan permukaannya terlihat bagus setelah proses pengeleman, langkah berikutnya adalah memulai proses pelapisan. Karena pembersihan sebelumnya, pelapisan akan melekat dengan lebih baik pada permukaan cat dan bodi mobil.