Optimalkan Performa Motor Dengan Membersihkan Ruang Bakar

Optimalkan Performa Motor dengan Membersihkan Ruang Bakar

KabarOto.com - Bagi para pemilik motor, servis adalah hal yang wajib dilakukan, untuk menjaga performa motor tetap maksimal. Servis paling umum biasanya hanya sekadar ganti oli, atau pergantian komponen-komponen yang sudah habis masa pakainya. Misalnya air radiator, busi, kampas rem dan sebagainya.

Namun, ternyata servis motor bukan sekadar ganti oli dan komponen saja. Ada beberapa perawatan-perawatan lain yang dapat dilakukan, agar menjaga performa mesin tetap prima. Seperti misalnya chamber cleaner.

Salah satu bengkel yang dapat melakukan servis ini adalah Arc Speedshop. Kweedy Frangky, selaku salah satu owner dari Arc Speedshop, menjelaskan mengenai servis dan perawatan yang ada di bengkelnya ini. “Kalo disini andalan kita full treatment service itu udah termasuk dengan injector cleaner, throttle cleaner, sama chamber cleaner," ujarnya.

Baca juga: Ngeri! 2 Moge BMW Kena Recall, Akibatnya Fatal

Servis dan perawatan tersebut, sebenarnya lebih kearah pembersihan injektor dan ruang bakar. Dari endapan-endapan, maupun kerak yang ada di ruang bakar. Sehingga setelah dibersihkan, pembakarannya menjadi maksimal kembali.

Terkait proses pembersihannya Kweedy menjelaskan, “Untuk sistem full treatment itu, ada tiga bagian. Pertama injector cleaner ini adalah proses membersihkan injektor dengan cara infus. Memasukkan cairan pembersihnya ke ruang injektor, untuk membersihkan kerak-kerak di injektornya."

Infus selang bensin

Setelah bagian Injektor, langkah selanjutnya adalah bagian throttle. Bagian ini dibersihkan dengan carian khusus seperti yang dijelaskan Kweedy. “Kedua throttle cleaner, membersihkan dengan dua lapisan. Pertama kita berikan foam untuk perontok kotoran di throttle-nya. Setelah kita berikan foam, kita sikat halus. Dengan sikat gigi halus kita bersihkan. Lalu dibilas dengan cairan khusus bilas karburator. Jadi semua cairan yang kita gunakan tidak sembarangan, khusus perawatan motor," jelasnya.

Setelah bagian throttle Ia melanjutkan ke langkah terakhir. “Yang terakhir yang paling banyak viral itu. Chamber cleaner atau di beberapa tempat lain disebutnya gurah motor. Itu menarik, karena bisa dibilang baru. Tapi enggak baru juga sih. Di mobil juga udah ada kaya gitu. Di motor baru-baru ini aja viral."

Gurah motor sendiri sistemnya, memasukkan cairan pembersihnya di ruang pembakaran. Ruang pembakaran kendaraan itu tempatnya dibawah busi. Jadi businya itu dibuka dulu, lalu masukkan cairannya. Didiamkan sekitar 20 menitan sampai 25 menit, agar cairannya itu bekerja merontokkan sisa-sisa pembakaran.

"Baru setelah itu kita sedot balik. Nah kita kita sedot balik pakai alat yang tadi tuh. Dengan kompresor, kompresor akan membantu menyedot semua naik keatas. Kotorannya bakal naik," ujar Kweedy.

Baca juga: Ini Perbedaan Helm MotoGP dan F1

Kotoran dari ruang bahan akan disaring di perangkat ini

Proses pembersihan ruang bakar ini, juga dapat dilakukan di semua motor injeksi. Dari motor skutik, hingga motor kopling. Proses servis ini juga tergolong cepat, prosesnya kurang lebih memakan watu 45 menit sampai dengan 1 jam. Meskipun, memang tergantung motornya. Semakin besar motornya, akan memakan waktu lebih lama.

Nah, kali ini kita berbicara tentang hal yang umum ditanyakan. Yaitu harga, untuk servis lengkap seperti ini. Pria ramah ini kembali menjelaskan. “Harganya pasti beda. Untuk full treatment di 150 cc kita patok dengan harga Rp 500 ribu sudah full treatment. Sedangkan untuk di 250 cc Rp 800 ribu. Jika sudah di 4 silinder, beda lagi, karena nanti sistem gurahnya itu. Atau sistem trothle cleaner-nya itu kan per silinder. Tergantung motornya juga. Harganya untuk 4 silinder Rp 1,6 jutaan."

Lalu kira-kira kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis seperti ini ya? Servis seperti ini sebenarnya tidak perlu terlalu sering. “Kalo full treatment itu hanya kita tawarkan untuk motor-motor yang sudah diatas 8.000 km sampai 10.000 km. Kita kasih untuk jangka waktu per 6 bulan aja. Itu cukup kok, jadi setahun cukup 2 kali aja," tutup Kweedy.

Nah bagi yang ingin melakukan perawatan motor seperti ini. Dapat langsung mampir ke bengkel Arc Speedshop. Yang berlokasi di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. (Gregorius Nikolaus.P)