POPULAR STORIES

Ini Perbedaan Helm MotoGP Dan F1

Ini Perbedaan Helm MotoGP dan F1 Instagram : @motogp

KabarOto.com – Helm merupakan salah satu bagian keselamatan terpenting dan paling vital saat naik motor dan dalam ajang motorsport, fungsinya melindungi kepala dari benturan sehingga mengakitbatkan cedera, apa lagi dalam balapan kecepatannya sangat tinggi, akan sangat bahaya ketika kepala terhantam dengan kecepatan itu.

Dalam ajang balap seperti Formula 1 dan MotoGP memang peran helm sama yakni melindungi kepala, tidak ada yang spesial akan hal itu.

Tapi apa kalian tahu kalau helm tersebut punya bentuk berbeda, apa saja sih bedanya?

Pertama adalah helm untuk balap F1 atau mobil, bentuknya memang mirip-mirip dengan helm motor, ada lubang ventilasi, body shell, visor, dan pads agar pengendara nyaman. Tapi bedanya pada visornya, karena punya ukuran lebih kecil dan terdapat Zylon, semacam penutup untuk alasan safety. Tapi tenang, walau kecil visibilitas pembalap masih terlihat jelas kok.

Baca Juga : Supreme Rilis Helm Khusus Untuk Motocross

Lalu kabarnya, bahan body shell helm F1 lebih keras loh, dan anti api. Sehingga saat terjadi gesekan helm ini tidak menimbulkan percikan api. Oh iya ada tambahan head and neck support juga nih, fungsinya demi menompang kepala dan leher saat terjadi kecelakaan.

Selanjutnya ada helm untuk MotoGP, nah kalau ini pastinya sudah familiar kan. Bentuknya normal dengan ventilasi visor, dan sebagainya. Bedanya tentu pada visor, dimana ukurannya jauh lebih besar, dan secara visibilitas pengendara lebih luas.

Bedanya, kalau helm MotoGP memang didesain lebih aerodinamis, oleh karena itu ditambahkan namanya spoiler. Bukan hanya mobil, dan motor, helm juga punya sayap loh, fungsinya pun sama yakni demi melancarkan terpaan angin saat kecepatan tinggi.

Baca Juga : Helm Baru AGV K6 Tidak Sampai 1,5 Kg

Sebab jika helm tidak aerodinamis, angin akan membuat helm terasa semakin berat, yang mana tentu berakibat pada keseimbangan dan kenyamanan sang rider. Makanya sekarang banyak yang menjual spoiler helm ala MotoGP dengan tujuan seperti itu.

Nah sekarang kaliam tahukan Sobat KabarOto perbedaan helm F1 dan MotoGP.