Aston Martin Tunggangan James Bond Diproduksi Lagi, Harganya 51 Milliar

Aston Martin Tunggangan James Bond Diproduksi Lagi, Harganya 51 Milliar Aston Martin DB5 (ist)

KabarOto.com - Selain Lotus Esprit, Aston Martin DB5 identik dengan sosok James Bond dalam film Goldfinger. Aston martin DB5 selama ini menjadi salah satu mobil yang diburu oleh kolektor, khususnya pencinta film James Bond.

Dan dalam waktu dekat, Aston Martin DB5 tunggangan James Bond itu diproduksi dengan jumlah terbatas hanya 25 unit, harganya diperkirakan mencapai £ 2,75 juta atau setara dengan Rp 51 miliar!

Aston Martin Dalam film Goldfinger

Meskipun harganya fantastis, namun mobil hasil kolaborasi antara Aston Martin dan EON Productions ini diyakini tetap akan diminati oleh para penggemar mobil-mobil ikonik James Bond.

EON Productions sendiri dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi film-film James Bond. Nantinya Aston Martin DB5 yang diproduksi ulang tersebut, akan memiliki bentuk dan perlengkapan yang sama persis dengan mobil yang ada di film Goldfinger yang tenar pada tahun 1964.

Namun Aston martin juga menegaskan, mobil ini rencananya akan dibangun di fasilitas Aston Martin Works, Newport Pagnell, dan tetap mengikuti standar kualitas mobil yang telah ditentukan. Pembuatannya akan melalui proses produksi yang lebih baik dan ketat, agar menghasilkan DB5 yang lebih baik dan aman dari versi tahun 60-an. Aston Martin Works merupakan pabrik yang juga membuat DB5 yang digunakan dalam film James Bond.


Bagian belakang Aston Martin DB5

Menariknya, semua mobil Aston Martin DB5 yang akan diproduksi ulang ini hanya tersedia dalam cat Silver Birch seperti aslinya dan satu spesifikasi. Sayangnya untuk urusan dapur pacu, Aston Martin tidak mengungkap lebih lanjut.

Aston Martin DB5 asli menggunakan mesin enam silinder segaris, tiga buah karburator, 4.0 liter twincam yang menghasilkan tenaga 282 dk dan torsi 379 Nm. Mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 7,1 detik, dan kecepatan tertinggi 238 kpj.

Meski beberapa fitur akan dibuat mirip dengan versi aslinya, seperti tatakan pelat nomer yang apat berputar, namun tidak dapat dipastikan bahwa di dalam DB5 produksi ulang ini akan memiliki kursi pelontar.

Aston Martin DB5 mengawali penampilan pertamanya di Goldfinger, yang merupakan film Bond ketiga. Setelah itu tampi lagi dalam enam film Bond selanjutnya, seperti Thunderball (1965), GoldenEye (1995), Tomorrow Never Dies (1997), Casino Royale (2006), Skyfall ( 2012) dan terakhir Spectre (2015).

Restorasi Aston Martin DB5 dalam film Spectre

“Hubungan antara Aston Martin dan James Bond adalah sesuatu yang kami sangat banggakan dan luar biasa. DB5 tetap menjadi mobil James Bond definitif setelah bertahun-tahun. Memiliki Aston Martin telah lama menjadi aspirasi bagi penggemar James Bond, tetapi memiliki Silver Birch DB5, lengkap dengan gadget dan dibangun dengan standar tertinggi di pabrik yang sama dengan mobil asli James Bond? Yah, itu pasti fantasi para kolektor utama, ”kata Presiden dan CEO Aston Martin Andy Palmer.

Baca juga: Ini Motor Gahar Jokowi Yang Dipakai Saat Pembukaan Asian Games 2018

Rencananya, pengiriman pertama dari 25 mobil ini akan dimulai pada tahun 2020. Rencananya ada tiga mobil lagi yang akan dibangun, namun tidak dijual ke publik karena masing-masing untuk EON dan Aston Martin, lalu yang ketiga akan dilelang untuk amal.