POPULAR STORIES

Astra Donasikan Rp 2 Milyar Untuk Korban Tsunami Banten Dan Lampung

Astra Donasikan Rp 2 Milyar untuk Korban Tsunami Banten dan Lampung Bantuan dari Grup Astra juga telah didistribusikan ke enam lokasi pengungsian (Foto: Astra)

KabarOto.com - Bencana alam tsunami melanda pesisir Selat Sunda pada sabtu (22/12/2018) lalu. Aktivitas vulkanologi Gunung Anak Krakatau disebut memicu terjadinya tsunami di Selat Sunda yang menyapu wilayah Banten dan Lampung. Dalam waktu bersamaan, air pantai merusak puluhan rumah dan menyisakan duka mendalam. Ratusan korban jiwa melayang.

Dalam rangka meringankan beban mereka, PT Astra International Tbk bersama perusahaan-perusahaan Grup Astra melakukan bakti sosial (baksos). Melalui program Nurani Astra, hingga Selasa kemarin (25/12/2018) telah mendistribusikan bantuan tahap awal senilai Rp 2 miliar ke enam lokasi pengungsi korban tsunami di Banten dan Lampung.

“Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak, memastikan agar bantuan dari Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra dapat diterima secara langsung oleh para korban bencana tsunami di Banten dan Lampung,” ujar Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk.

Baca Juga: Pasokan BBM Di SPBU Terdampak Tsunami Banten Terus Ditingkatkan

Bantuan dari Grup Astra didistribusikan ke enam lokasi pengungsian, yakni di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cinangka, Desa Galaya, Desa Kokosan dan Desa Salaparang Provinsi Banten, serta Desa Way Muli dan Desa Sukaraja, Lampung Selatan.

Data sementara yang dilaporkan oleh Grup Astra, posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin (24/12/2018), tercatat 373 orang meninggal dunia, 1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi. Kerugian fisik akibat tsunami meliputi 681 rumah rusak, 69 hotel dan villa rusak, 420 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung dan toko rusak, serta puluhan kendaraan rusak.

Sementara itu, posko Nurani Astra di Banten berlokasi di kantor Marga Mandalasakti yaitu di Gerbang Tol Serang Timur dan di Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Sumur oleh Grup Pama Banten.

Untuk posko Nurani Astra di Lampung terletak di Kantor Auto2000 Kalianda, Jl Trans Sumatera, Kelurahan Way Urang, Lampung Selatan dan di Kantor Bupati Lampung Selatan oleh Grup Pama Lampung.