POPULAR STORIES

Astra Honda Motor Saring Pemenang Milenial Kreatif

Astra Honda Motor Saring Pemenang Milenial Kreatif

KabarOto.com - Adu ide dan kreatif melahirkan 5 pemenang terbaik Astra Honda Motor (AHM) Best Student 2020 dari 847 siswa SMA/SMK/MA/MAK di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu inovasi pemenang adalah alat yang bisa mendisiplinkan diri menjaga jarak sesuai protokol kesehatan.

Alat tersebut adalah kreasi M. Rafhi Rihadatusyawal dari SMK Mitra Industri MM2100, Jawa Barat. Kreasi Rahfi ini mengantarnya menjadi satu dari lima peraih pemenang predikat Gold AHM Best Student 2020.

Adapun pemenang lain datang dari provinsi paling timur Indonesia, Susilowati S. dari SMA Negeri 1 Jayapura, Papua, yang membuat karya tanaman endemik Papua yaitu buah merah diolah menjadi sambal yang akan menjadi oleh-oleh khas Papua.

Peraih predikat Gold AHMBS 2020 lainnya berasal dari pulau Sumatera, Salsabila Tri Rahmi dari SMA Negeri 1 Sitiung, Sumatera Barat, yang membantu peningkatan hasil panen petani lokal dengan mengembangkan inovasi pemberantas hama ramah lingkungan dan pupuk organik yang terbuat dari jengkol dan keong mas.

Baca Juga: Astra Honda Motor Raih Penghargaan Tertinggi Otomotif Dan Spare Parts

Adapun Theresia Febriana Meo dari SMK Negeri 5 Berau, Kalimantan Timur berhasil mengembangkan karya solusi tepat guna dengan memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan alat penepung bagi beras, ketan, ketumbar, merica, dan sawut ubi.

Kepedulian juga ditunjukkan I Putu Evan Priya Saguna dari SMA Negeri 4 Denpasar, Bali dengan mengembangkan karya perangkat elektronik sebagai alat bantu berjalan penyandang tuna netra dengan mendeteksi guiding block, sehingga meminimalisir kesulitan saat berjalan di trotoar.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, “Kami ingin mengapresiasi anak-anak milenial yang kreatif dan tetap produktif meskipun di masa pandemi ini. Karya anak-anak ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka saja, namun juga berdampak untuk sesama,” ujar Muhibbuddin.

Para pemenang AHM Best Student 2020 berhak mendapatkan beasiswa dengan total lebih dari Rp 100 juta. Bagi 5 peserta peraih predikat Gold masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp 10 juta. Selain itu, terpilih 7 peserta peraih predikat Silver yang masing-masing mendapatkan Rp 1,5 juta. AHM Best Student 2020 juga memberikan apresiasi bagi 42 siswa peraih predikat Bronze dengan beasiswa masing-masing sebesar Rp 1 juta.