POPULAR STORIES

Asyiknya Main Tamiya Mini 4wd

Asyiknya Main Tamiya Mini 4wd

KabarOto.com – Pernah mendengar nama Tamiya? Pasti hampir semua orang di Indonesia pernah mendengar merek ini dan langsung mengacu kepada mobil-mobilan era 1990-an. Namun sebenarnya Tamiya bukanlah sebuah mainan, melainkan nama mereknya. Permainannya sendiri yang kita kenal adalah Mini 4WD.

Nama Mini 4WD sendiri diambil dari penggerak 4 roda pada mobil itu sendiri, konsep pengoperasiannya juga mirip seperti mobil aslinya, jika mengenalkan anak sejak dini untuk mencintai dunia otomotif, bisa nih mulai dari main Mini 4WD.

Berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa

Salah satu toko besar yang memberi fasilitas untuk bermain Mini 4WD adalah JT Jordan Toys di QBIG BSD City. Disini kita bisa membeli berbagai starter kit untuk pemain baru hingga pro sekalipun, dan tersedia lintasan siap pakai jika ingin menguji mobil rakitan kita sendiri.

Baca Juga : Kali Ini Honda Civic Type R Terbuat Dari Lego

Berawal dari kecintaan Tandri selaku pemilik JT Jordan Toys pada Tamiya tahun 1980-an, ia mulai merakit Mini 4WD-nya sendiri lalu mulai menjual kepada sesama penghobi. Sampai akhirnya membuka toko sendiri tahun 1990-an di Lampung, dan berpindah ke daerah ke Tangerang Selatan.

Terdapat 2 track berbeda

“Saya mulai mengenal dan hobi Tamiya tahun 1980-an, lalu mulai berjualan dan membuka toko sendiri tahun 1990-an. Dan kalau mau main Tamiya disini bisa langsung on the spot saja, kita siapkan 2 lintasan, dan paddock sudah ada disini,” ujar Tandri.

Baca Juga : Porsche 911 Turbo 3.0 Dijual Legonya Sob, Mirip Aslinya Loh

Menariknya, walau hanya sebuah mainan, Mini 4wd bukan sekadar anak-anak saja loh yang main, tetapi hampir semua umur juga tertarik pada mobil-mobilan ini. Hal ini karena memerlukan settingan tepat demi menciptakan mobil yang stabil dan kencang di lintasan, mirip dengan mobil balap asli yang memiliki tuning berbeda di setiap jenis lintasan.

“Disini juga bisa jadi media sharing pengalaman antar pemain yah, mereka main sama-sama pastinya akan berinteraksi, membagi pengalaman, saling memberi tips settingan tepat untuk mobilnya,” lanjutnya.

Contoh Tamiya STO yang sudah full modifikasi

Soal harganya ada beberapa kelas nih, diantaranya STB atau Standart Box, dimana balap hanya menggunakan mobil yang ada di box saja tanpa modifikasi. Kita bisa membeli sebuah Tamiya Mini 4wd asli dengan harga mulai Rp 150 hingga Rp 200 ribu untuk 1 buah mobil standar. Namun perlu diingat, jika merek Mini 4WD asli Tamiya,kebanyakan tidak termasuk dynamo dan baterai, jadi harus beli terpisah yah sob.

Lalu untuk STO atau Standart Original, starter kit dengan penambahan modifikasi, harganya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 jutaan, hal ini karena modifikasi pada mobil tidak dibatasi penambahan part-nya. Tetapi kalau masih pemula disini bisa bantu merakitnya kok, untuk membuat sebuah mobil STO ready to race memerlukan waktu 2 hari hingga siap.

Tamiya STB dengan body Toyota Yaris rally

Sementara untuk part-part modifikasinya, bisa kita beli terpisah misalnya seperti roller besi, bearing roda, pemberat body, ban, dynamo kompetisi dan sebagainya masih banyak lagi. Dimulai dari harga sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribuan.

Kalau mau ikut perlombaannya, Jordan Toys selalu mengadakannya setiap bulan loh, terdapat 2 race per-bulannya yakni kelas STB dan STO. Pendaftarannya juga terjangkau loh, untuk STB biayanya Rp 100 ribu mendapatkan 50 race, dan STO harganya lebih mahal sedikit Rp 125 ribu untuk 50 race.

Berbagai pilihan mobil sesuai selera anda

Jika mau datang kesini bisa langsung saja ke QBIG BSD City lantai 2, tokonya buka setiap hari dari jam 10 hingga 10 malam untuk hari biasa, dan 9 pagi hingga 11 malam untuk weekend. Pilihan mobilnya juga sangat banyak jadi bisa pilih mana saja mobil favoritmu.

Bagaimana Sobat KabarOto? Tertarik untuk main Mini 4WD lagi? Bisa langsung ke JT Jordan Toys dan main Mini 4wd sampai puas nih.