POPULAR STORIES

Audi A3 Sportback, Generasi Keempat Kian Lengkap

Audi A3 Sportback, Generasi Keempat Kian Lengkap Penulis: Bagas/KC

KabarOto.com - Sebelum menutup kuartal pertama 2020, Audi memperkenalkan mobil premium compact-sporty empat pintu, Audi A3 Sportback. Merupakan generasi keempat yang diklaim lebih sporty, digitalisasi dan serba terkoneksi.

Audi A3 sejatinya sudah melenggang sejak tahun tahun 1996. Seiring waktu, desain progresif dihadirkan di bagian bodi hingga hadirkan A3 Sportback yang kian lengkap menyajikan infotainment, kelincahan suspensi dan sistem bantuan pengendara.

Baca juga: Modifikasi Land Rover Defender, Berpetualang Andalkan Mobil Sangar



A3 hadir dengan proporsi desain kompak nan sporty-hatchback layaknya BMW M140i, dengan penggunaan single frame yang lebar dan penempatan ruang udara besar di ujung depan.

Aksen berupa garis halus membujur dari lampu depan hingga ke belakang. Penggunaan lampu utama Matrix LED yang tersusun dari pixel LED dengan pengaturan tiga kali lima yang membuat tampilan cahaya khusus pada A3 Sportback.

Desain sporty bukan hanya tampak di luar, tampilan baru terlihat di interior mobil ini mulai dari shifter baru, aluminium atau karbon inlays, pembuka pintu yang warna mencolok dan panel instrumen dengan tampilan panel hitam.

Pelapis kursi yang terbuat dari botol PET daur ulang dan dihiasi dengan jahitan kontras digunakan untuk pertama kalinya. Di bagian kokpit A3 Sportback hanya fokus pada pengemudi dengan layer sentuh seluas 10,1 inci. Namun pada versi plus berukuran 12,3 inci dengan tiga tampilan berbeda, termasuk grafik dengan tampilan sporty. Penunjuk head-up display yang memproyeksikan informasi penting ke kaca depan, warnanya dapat dipasang sesuai permintaan.



Layar ini sudah terintegrasi di tengah panel instrumen. Kelebihan lainnya baik perintah suara ataupun menggunakan perintah gerakan tangan. Bisa mengenali huruf yang dimasukkan dengan tangan, memberikan feed back akustik dan dapat dikontrol menggunakan bahasa alami. Lalu, penggunaan setir multifungsi dan terdapat tampilan navigasi besar pada kokpit virtual ini.

Membahas mengenai kokpit tentunya tidak seru jika tidak mengulas bagian infotaimentnya. A3 Sportback memberikan platform Infotainment modular gen ketiga yang mempunyai kemampuan sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan perangkat sebelumnya. Konektivitas kokpit dapat terhubung pada layanan telepon, layanan Audi connect dengan kecepatan LTE Advanced, dan juga sebagai hotspot Wi-Fi yang terintegrasi. Paling utama, mobil ini memiliki layanan car-to-X.

Layanan car to-X, membantu menemukan tempat parkir gratis di pinggir jalan atau memungkinkan pengemudi untuk berselancar mencari alternatif jalan. A3 Sportback terhubung ke smartphone melalui aplikasi myAudi, Apple CarPlay atau Android Auto, serta melalui kotak telepon Audi.



Yang terakhir menghubungkan perangkat ke antena mobil dan mengisi daya secara induktif. Kunci Audi connect, yang memberi otorisasi kepada pelanggan untuk mengunci dan membuka kunci mobil dan menyalakan mesin melalui smartphone Android mereka, dan Amazon Alexa akan mengikuti segera setelah resmi dijual kepada konsumen.

Membahas dapur pacu, A3 Sport untuk pasar di Eropa hanya disajikan tiga pilihan mesin yakni 1.5 TFSI dengan tenaga 150 dk dan 2.0 TDI bertenaga 116 dk dan pilihan tenaga 150 dk.



Performa akan disajikan ke roda depan yang disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan atau pilihan transmisi otomatis S tronic tujuh percepatan.

A3 Sportback memiliki keunggulan dalam hal dimesin yang ringkas yakni panjang 4,34 meter dan lebar 1,82 meter tanpa dihitung cermin. Tingginya 1,43 meter dan sumburoda 2,64 meter tetap tidak berubah seperti generasi sebelumnya.



Komposisi kursi bangku belakang, kompartemen bagasi dapat menampung antara 380 dan 1.200 liter, dan dek yang rata dapat dimasukkan barang ketinggian berbeda.

Presale Audi A3 Sportback, akan dimulai bulan Maret 2020 di Negara Eropa, dan mulai dikirimkan ke pelanggan pada awal Mei. Bagi varian 1,5 L akan dibanderol dengan harga awal 28.900 Euro atau sekitar Rp 473,3 juta.