POPULAR STORIES

Audi A8 L 60 TFSI E Quattro, Sedan Flagship Elektrifikasi Pertama Audi

Audi A8 L 60 TFSI e quattro, Sedan Flagship Elektrifikasi Pertama Audi

KabarOto.com – Audi melanjutkan elektrifikasi ke segmen mobil sedannya, yaitu Audi A8 L 60 TFSI e Quattro. Sedan ini merupakan flagship elektrifikasi pertama Audi yang diklaim dengan kombinasi mesin plug-in hybrid, konsumsi bahan bakarnya bisa tembus 37 sampai 40 kilometer per liter.

Sebagai mobil plug-in hybrid, mobil ini menggendong mesin V6 berkapasitas 3.000 cc yang menghasilkan tenaga 335 dk dan motor listrik bertenaga 134 dk. Tenaga gabungan yang dihasilkan sebesar 443 dk dan torsi 700 Nm dari 1.250 rpm.

Motor listrik yang dibekalinya ditenagai dengan baterai lithium-ion 14,1 kWh bertegangan tinggi dan voltase 385 V yang diletakkan di bawah lantai bagasi untuk menyuplai daya ke motor listrik. Baterai ini memungkinkan mobil berjalan hanya dengan tenaga listrik hingga 46 kilometer sesuai perhitungan WLTP dengan kecepatan maksimal 135 kpj.

Baca juga: Kado Spesial Natal Real Madrid Berupa Mobil Audi Senilai Total Rp 33 Miliar

Ketika mobil bergerak dengan menggunakan tenaga gabungan dari mesin bensin dan motor listrik dalam mode boost, mobil ini dapat meraih kecepatan maksimal 250 kpj yang dibatasi secara elektronik dan mampu berakselerasi dari kecepatan 0-100 kpj dalam waktu 4,9 detik.

Penggunaan mesin plug-in hybrid tidak hanya dapat menawarkan akselerasi yang cepat, namun juga menghadirkan konsumsi bahan bakar yang efisien. Menurut perhitungan WLTP, mobil ini memiliki rata-rata konsumsi bahan bakar sebesar 2,5 liter per 100 kilometer dengan keluaran emisi CO2 57 g/km, dan konsumsi daya listrik gabungan minimum sebesar 20,9 kWh/100 km.

Memiliki detail desain khusus yang terinspirasi oleh Audi e-tron EV, trim krom di bumper depan, krom inlay di gagang pintu, dan diffuser yang menyambung dengan krom di bagian belakang. Khusus varian ini, pelek menggunakan bahan alumunium berukuran 19 inci dengan desain turbin.

Selain dibekali mesin canggih, fitur keselamatan kabin diperbarui untuk memastikan keselamatan pengemudidan penumpang. Fitur keselamatan yang disematkan yaitu acoustic vehicle alerting system (AVAS). Fitur AVAS ini dapat membaca kemungkinan terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan.

A8 L 60 TFSI e quattro sudah dapat dipesan di pasar Jerman dengan harga dasar EUR 109.000 atau sekitar Rp 1,7 miliaran. (Nora Dian Pratama)