POPULAR STORIES

Audi Activesphere Concept Menggabungkan Keanggunan Dan Ketangguhan SUV

Audi Activesphere Concept Menggabungkan Keanggunan dan Ketangguhan SUV Foto: Audi

KabarOto.com - Audi Activesphere concept menandai puncak dari kendaraan berkonsep sphere yang dihadirkan oleh pabrikan asal Jerman tersebut, tampilan yang anggun dengan ketangguhan khas sebuah kendaraan SUV.

Menyusul Audi Skysphere Roadster pada 2021, dan sedan Audi Grandsphere, serta Audi Urbansphere Space Concept pada April 2022, coupé crossover empat pintu dengan desain bodi yang sangat serbaguna kini memulai debutnya.

Memiliki panjang 4.980 mm, lebar 2.070 mm dan tinggi 1.800 mm, mobil yang sangat elegan ini lebih dari sekedar mobil sport kelas mewah, dengan ground clearance yang mengesankan, dan pelek berukuran 22 inci dengan ban 285/22 R22 yang menunjukkan bakat offroad-nya.

Baca juga: Audi S3 Racikan Manhart Sentuh 400 Dk

Ground clearance tinggi dengan pelek 22 inci

Bagian belakang Sportback dari activesphere dapat berubah menjadi tempat tidur kargo terbuka dengan satu sentuhan tombol - sempurna untuk membawa peralatan rekreasi seperti e-bikes atau perlengkapan olahraga air dan musim dingin.

Dengan menggabungkan kebalikan dalam sintesis sempurna, Audi Activesphere terbukti menjadi kendaraan serba guna, dengan sistem penggerak dan suspensi yang membuatnya sama mahirnya baik di dalam maupun di luar jalan raya. Roda kemudi dan pedal memungkinkan pengemudi mengendalikan mobil secara aktif, sekaligus menawarkan pengendaraan otonom untuk waktu yang lebih santai di jalan raya.

Sebagai coupé yang elegan sekaligus dinamis, fitur proporsi dan garis klasik, tetapi hanya dalam beberapa detik mobil ini berubah menjadi pikap untuk mengangkut peralatan olahraga. Bahkan ada cukup ruang untuk dua e-bike di tempat kargo.

Ruang bagasi cukup untuk mengangkut e-bike

Mobil konsep ini disusun dan dirancang di Audi Design Studio di Malibu, Amerika Serikat. Manajer studio Gael Buzyn dan timnya adalah pemikir kreatif di balik proyek tersebut. Dia menjelaskan ide di balik proyek tersebut, "Aktifitasnya unik. Ini adalah jenis crossover baru yang dengan cerdik menggabungkan keanggunan Audi Sportback, kepraktisan SUV, dan kemampuan offroad yang sebenarnya."

Memiliki interior yang modern, dasbornya sendiri berfungsi seperti soundbar xlarge (melalui lammel kayu) serta ventilasi udara lebar. Jika pengemudi ingin mengambil alih kemudi, roda kemudi akan berputar keluar dari posisi rata di bawah kaca depan - setiap pengemudi dapat menyesuaikan posisi ergonomis yang ideal secara individual. Kontrol tanpa sentuh MMI di pintu selalu dapat diakses oleh mata dan tangan, misalnya untuk mengontrol jendela dan penyetelan kursi.

Arsitektur dan rasa ruang di lingkungan aktif Audi sebagian besar ditentukan oleh konsol tengah yang tinggi dan berukuran penuh. Tentu saja, di mobil listrik, konsol tidak lagi diperlukan untuk menahan poros cardan, melainkan menawarkan ruang untuk penyimpanan dan bilah terpasang - baik didinginkan atau dipanaskan. Penutup atas transparan, yang memberikan tampilan botol dan gelas, tetapi juga secara visual mengintegrasikan konsol besar di interior. Selain itu, terdapat konsol di atap, tepat di atas konsol tengah dan mencerminkan dimensinya, di mana empat headset AR untuk sistem realitas campuran mudah dijangkau oleh semua penumpang.

Baca juga: Audi E-Tron GT Dan Porsche Taycan Kena Recall

Posisi otonom, dasbor tanpa setir
Posisi mengemudi, roda kemudi keluar dari balik dasbor

Karena dimensi dan tingkat performanya, konsep Audi activesphere cocok untuk penggunaan sistem penggerak elektrik Audi yang paling inovatif: Premium Platform Electric, atau singkatnya PPE.

Seperti mobil konsep Audi grandsphere dan Audi urbansphere terkait, konsep activesphere mengacu pada sistem modular ini untuk produksi seri. Ini sedang dikembangkan di bawah kepemimpinan Audi bersama dengan Porsche AG

Inti dari teknologi penggerak di semua model PPE masa depan adalah teknologi pengisian daya 800 volt. Ini memastikan bahwa baterai, seperti yang ada di quattro Audi e-tron GT sebelumnya, dapat diisi hingga 270 kW dalam waktu yang sangat singkat di stasiun pengisian cepat. Teknologi revolusioner ini akan memasuki segmen kelas menengah dan mewah bervolume tinggi dengan PPE untuk pertama kalinya.

Teknologi PPE memungkinkan waktu pengisian yang mendekati penghentian pengisian bahan bakar konvensional untuk mobil bermesin pembakaran. Hanya 10 menit adalah waktu yang cukup untuk mengambil cukup energi untuk menggerakkan mobil lebih dari 300 km.

Dan dalam waktu kurang dari 25 menit, baterai 100 kWh terisi dari 5 hingga 80 persen. Bersama dengan jangkauannya yang jauh lebih dari 600 km, Audi Activesphere dengan demikian memposisikan dirinya sebagai cocok tanpa syarat untuk jarak jauh, jika diperlukan.

Powertrain listrik sepenuhnya Activesphere melibatkan keempat roda melalui sistem Quattro AWD dengan motor gandar depan dan belakang khusus. Tim motor tersebut menghasilkan total tenaga 436 dk (325 kW) dan torsi 720 Nm, menghasilkan akselerasi 0-100 kpj dalam 4,9 detik.

Berita Terkait

Berita Terkait