POPULAR STORIES

Audi Q8 E-tron Dakar Edition, Siap Menghadapi Medan Off-Road Ringan

Audi Q8 e-tron Dakar Edition, Siap Menghadapi Medan Off-Road Ringan Foto: Audi

KabarOto.com - Audi Q8 e-tron Dakar Edition diluncurkan dalam rangka untuk meramaikan reli Dakar yang mulai berlangsung 5 Januari kemarin, menjadikannya sebagai versi khusus SUV mewah elektrik Q8 e-tron menjelang balapan ikonik tersebut.

Audi Q8 e-tron Dakar Edition tersedia dalam warna Siam Beige metallic, Mythos Black metallic, dan Magnetic Grey. Singleframe selalu hadir dalam warna bodi. Sebagai pilihan, lampu proyeksi dalam Singleframe, dengan strip lampunya, menciptakan koneksi visual yang konsisten antara lampu depan. Intinya juga hadir dalam warna Mythos Black metalik, memberikan sentuhan stabilitas dan cengkeraman pada kendaraan.

Over Fender di bagian depan dan belakang membuat Q8 e-tron edisi Dakar tampil percaya diri di jalan raya. Saat pintu pengemudi dibuka, lampu LED memproyeksikan tulisan "edisi Dakar" ke jalan. Kelas individual edisi Dakar juga tercermin pada key cover eksklusif dengan branding khusus. Kunci praktis (dengan sistem alarm anti maling) tersedia sebagai opsi, yang dapat digunakan untuk membuka pintu dan tutup kompartemen bagasi melalui komunikasi nirkabel antara kunci dan kendaraan. Kuncinya juga bisa mengunci kendaraan melalui sensor yang ada di gagang pintu.

Baca juga: Audi RS Q8 Garapan ABT Sportsline, Upgrade Tampilan Dan Performa

Audi Q8 e-tron edition Dakar dilengkapi dengan paket stiker unik yang terinspirasi dari RS Q e-tron yang legendaris. Dimulai dengan warna bodi Mythos Black metalik, mobil mendapat hiasan sebagian. Artinya, pembungkusnya menggunakan transparansi yang disengaja dan tidak menutupi seluruh permukaan, meskipun seluruh komponen eksterior telah dirawat. Model yang dibungkus dibatasi hingga 99 unit. Pada pilar D, nomor seri model khusus dapat dilihat pada tulisan buram.

Audi Q8 e-tron edisi Dakar hadir dengan ban segala medan General Grabber AT3 untuk ketahanan off-road yang sangat baik. Ban juga memastikan peningkatan cengkeraman pada berbagai permukaan termasuk kerikil, medan berbatu, jalur pegunungan dan hutan, serta salju.

Di bagian dalam, jok sport berkontur dalam yang dilapisi kain mikrofiber Dinamica dan kulit buatan. Bagian roda kemudi kulit sport multifungsi, lapisan atap hitam yang elegan, pedal baja tahan karat, dan sandaran tangan tengah yang nyaman. Tatahan dekoratifnya terbuat dari aluminium matte yang disikat, sedangkan kusen pintu dilengkapi sisipan aluminium.

Tampilan head-up melengkapi layar. Ini memproyeksikan informasi penting langsung ke kaca depan. Fitur baru lainnya adalah tampilan di sistem operasi MMI yang menampilkan informasi sudut kemiringan kendaraan. Ditambah lagi, Audi menawarkan gambar latar belakang MMI pada tampilan MMI yang dibuat khusus untuk edisi Dakar.

Baca juga: Audi RS Q8 Edisi 40 Tahun Hanya Dibuat 10 Unit Di Abu Dhabi

Dilengkapi lapisan kompartemen bagasi yang tahan lama dan alas lantai yang kokoh menampilkan tulisan edisi, dengan roof rack sebagai perlengkapan standar. Dengan kapasitas muat 40 kg, rak atap dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang.

Sistem tata suara mengandalkan 16 speaker Bang & Olufsen sebagai opsional dengan suara 3D menjadikan SUV listrik ini pengalaman suara kelas atas. Kaca spion virtual opsional dengan kamera mengurangi lebar keseluruhan kendaraan sebesar 15 sentimeter, sehingga meningkatkan koefisien hambatan. Kaca spion virtual memberikan visibilitas lebih jelas dibandingkan kaca spion konvensional dalam kondisi off-road yang berdebu atau basah.

Audi Q8 e-tron edisi Dakar menggunakan basis SUV Q8 dengan mesin listrik yang canggih. Ukuran baterai bersihnya adalah 106 kWh (kotor: 114 kWh) dan drivetrain quattro (penggerak 4 roda), dengan dua motornya yang sanggup menghasilkan 402 dk dalam mode boost dengan torsi 664 Nm. Ini berarti kendaraan berakselerasi 0-100 kpj dalam 5,8 detik dengan ban standar. Dengan ban segala medan, mobil mencapai 100 kpj dalam 5,9 detik. Jangkauannya menurut WLTP mencapai 487 kilometer. Kecepatan tertinggi dibatasi hingga 200 kpj.

Dibandingkan model dasarnya, SUV listrik dengan pelek 20 inci desain 5-V spoke S dan ban segala medan ini memiliki ground clearance 31 mm lebih tinggi dan dirancang untuk penanganan yang lebih baik di permukaan longgar seperti kerikil atau salju.

Pada pengaturan normal, kendaraan ini memiliki ground clearance 206 mm. Pada kecepatan yang lebih tinggi, kendaraan secara bertahap turun - sebanyak 15 mm pada kecepatan 85 kpj, 17 mm pada kecepatan 100 kpj, dan 13 mm pada kecepatan 120 kpj. Hal ini mengoptimalkan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi untuk meningkatkan aerodinamis dan jangkauan. Ditambah dengan sudut pendekatan depan 20 derajat dan sudut pendekatan belakang 26 derajat, SUV listrik ini siap menghadapi medan off-road ringan. Kendaraan memiliki sudut tanjakan 19 derajat.

Disiapkan untuk pasar negara Eropa, pesanan akan dibuka pada kuartal pertama tahun ini, dengan harga di Jerman mulai dari sekitar $131.000 (sekitar Rp 2,03 miliar).