POPULAR STORIES

Audi Resmi Ikut Formula 1 Mulai 2026

Audi Resmi Ikut Formula 1 Mulai 2026 Foto dan Sumber: Formula 1

KabarOto.com - Kabar baru datang, pabrikan mobil asal Jerman, Audi, telah mengumumkan akan bergabung dengan balapan Formula 1 mulai 2026. Audi akan bertindak sebagai pemasok mesin, seperti yang disampaikan pada konferensi pers dari Spa-Francorchamps, hari ini (26/08).

Markus Duesmann selaku CEO Audi Montorsport menjelaskan alasan Audi membuat keputusan akhirnya bergabung di F1, peraturan mesin baru musim 2026 adalah faktor utama Audi ikut bergabung.

“Balapan, motorsport, ada dalam DNA Audi selalu aktif dan sukses di ajang motorsport. Jika Anda berpikir tentang Le Mans, Dakar, DTM, Formula E, kami selalu sangat aktif dan sangat sukses dan kami ingin melanjutkan kisah sukses ini sekarang di Formula 1," ungkap Markus Duesmann.

Baca juga: FIA Tetapkan Regulasi Mesin F1 2026

Duesmann juga merinci bahwa ini waktu tepat karena aturan baru yang ditetapkan, pihak Audi sudah memutuskan menjadi produsen mobil listrik dan F1 mengubah aturan sedemikian rupa sehingga Audi dapat masuk dengan bagian powertrain listrik yang tinggi, dengan bahan bakar terbarukan.

"F1 telah memasang batasan biaya yang membuatnya sangat menarik bagi kami untuk masuk sekarang, kami akan mengembangkan unit daya dari Neuburg, dekat dengan markas Ingolstadt," jelas Duesmann.

Menurut Duesmann, mereka memiliki tim yang fantastis di sana, orang-orang yang berpengalaman di motorsport, tetapi juga harus merekrut orang baru. Ini membutuhkan waktu dan karena semuanya akan menjadi baru, itu tidak lama. "Dalam waktu kurang dari empat tahun dari sekarang, kami akan berada di grid dan balapan di balapan F1. Ini tidak terlalu lama tetapi kami benar-benar senang melakukannya,” tegas Duesmann.

Sementara Oliver Hoffmann selaku Anggota Dewan Manajemen untuk Pengembangan Teknis Audi, mengatakan tidak realistis untuk mengharapkan mesin Audi menang secara instan. Tetapi mempertahankan bahwa pabrikan ini sudah menerima tantangan untuk bersaing dengan Ferrari, Mercedes, Red Bull Powertrains dan Renault.

“Saya merasa tidak realistis. Tapi kami tentu punya rencana, secara internal, apa yang ingin kami lakukan, tapi idealnya dalam tiga tahun pertama kami harus sangat kompetitif," kata Hoffmann.

Sebagai hasil dari pengumuman besar-besaran Audi, Formula 1 akan memiliki setidaknya lima pabrikan mesin mulai musim 2026, ketika era baru unit daya terkemuka dunia yang berkelanjutan akan diluncurkan. Presiden dan CEO F1 Stefano Domenicali menjelaskan mengapa Jumat menandai "momen luar biasa" untuk kejuaraan.

Baca juga: Michelin Undur Diri Dari Formula E, Ini Alasannya

“Ini bahkan momen yang luar biasa hari ini. Ini adalah langkah lain menuju pertumbuhan apa yang diwakili Formula 1, dalam hal kepemimpinan, inovasi, hiburan olahraga, dan tantangan teknis yang hebat. Saya pikir hibridisasi dengan bahan bakar berkelanjutan adalah arah yang memungkinkan produsen dan tim bekerja sangat keras untuk mempertahankan standar tertinggi dalam hal ide-ide baru," pungkas Stefano Domenicali.

Balapan F1 musim 2026 diyakini akan banyak menunjukan perubahan, mulai dari regulasi bahkan pabrikan baru bisa saja hadir di kancah balapan jet darat tersebut.