Michelin Undur Diri Dari Formula E, Ini Alasannya

Michelin Undur Diri dari Formula E, Ini Alasannya Michelin

KabarOto.com - Michelin menyatakan undur diri dari Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA pada akhir seri 2021/2022. Diketahui, Michelin merupakan salah satu pelopor seri balap single-seater elektrik pertama di dunia serta menjadi investor tetap dalam proyek yang diluncurkan sejak awal 2013 tersebut.

“Pencapaian utama Michelin dari Formula E adalah penyempurnaan ban Michelin ePrimacy dan Michelin Pilot Sport EV, jadi kami rasa itu sudah cukup,” ujar Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette melalui siaran pers, Rabu, (23/08).

Baca juga: Punya SDM Membanggakan, Head Formula Electric Student Curhat Kegelisahannya Di PEVS 2022

Steven menyatakan berkat teknologi yang dikembangkan di Formula E, Michelin muncul selangkah lebih maju di pasar ban kendaraan listrik. Michelin diklaim merupakan pabrikan yang pertama kali menciptakan segmen ban khusus kendaraan elektrik dan menjadi pemimpin di segmen ini.

Selain itu, Michelin mengklaim bahwa pihaknya merupakan satu-satunya pabrikan yang menawarkan dua pilihan rentang ban kendaraan listrik generasi baru, yaitu ePrimacy yang dirancang untuk mobil berukuran sedang hingga besar, dan Pilot Sport EV yang dirancang untuk mobil sport listrik berperforma tinggi.

Baca juga: Mobil Juara Dunia Formula 1 2021 Red Bull Racing Livery Khusus, Hadir Di GIIAS 2022

Bagi Michelin sendiri, keterlibatan dalam motorsport meningkatkan keterampilan dan keahlian khusus dalam pengembangan ban yang hanya bisa didapatkan dari olahraga tingkat tinggi.

Meskipun menarik diri dari Formula E, tetapi Michelin akan terus melihat motorsport sebagai laboratorium bagi penciptaan teknologi ban yang akan datang.