POPULAR STORIES

Australia Selatan Ajukan Proposal Instalasi Baterai Penyimpanan Listrik Ke Tesla

Australia Selatan Ajukan Proposal Instalasi Baterai Penyimpanan Listrik ke Tesla Pimpinan Tesla Inc, Elon Musk berjanji akan mengerjakan instalasi baterai penyimpanan listrik di Australia Selatan. Foto: buzzfeed.com

Pemerintah Negara Bagian Australia Selatan mengajukan proporsal penawaran menginstal baterai penyimpanan listrik ke produsen mobil listrik Amerika Serikat, Tesla Inc.

Proposal yang diajukan itu dimaksudkan untuk meminta kiprah Tesla membuat cadangan listrik hingga 100 hari guna mencegah listrik padam yang sudah berulang kali terjadi di negara bagian tersebut. Nilai dari pengajuan proposal tersebut sebesar 25 juta dolar AS.

“Proposal instalasi baterai cadangan listrik sudah diterima dari dipelajari pihak Tesla. Mereka menyambut positif proposal yang kami ajukan.” kata Pemimpin Negara Bagian Australia Selatan, Jay Weatherill, di Adelaide, belum lama ini kepada Reuters.

“Kami juga sudah sepakat jika pekerjaan ini tak selesai dalam waktu 100 hari, maka seluruh pengerjaan dihitung gratis sebagai bentuk komitmen pertanggungjawaban Tesla,” imbuhnya lagi.

“Seperti yang termaktub di proposal, harga yang kami ajukan adalah 250 dolarAS per kilowatt jam untuk sistem jam 100 megawatt. Berarti nilai keseluruhan proyek yang kami tawarkan adalah 25 juta dolar AS untuk paket baterai,” terus Weatherill.

Sementara itu, pimpinan Tesla Inc, Elon Musk mengatakan proposal yang diajukan itu adalag bentuk komitmen dari pemerintah Negara Bagian Australia Selatan terhadap wilayahnya.

“Jelas ini adalah komitmen dari pemerintah untuk mencari solusi cepat dan pitar,” puji Musk.

"Kami terima proposal tersebut dan akan kami kerjakan sesuai tenggat waktu yang telah disepakati bersama," tambahnya lagi.

Saat ini proposal yang diajukan Pemerintah Negara Bagian Australia Selatan itu masih menjadi berita utama di Australia. Terlebih sekarang ini juga masih ada perdebatan sengit tentang ketersediaan energi listrik dan keamanan nasional.