Awas, Bahaya Jas Hujan Ponco Terbukti Buat Celaka Bikers!

Awas, Bahaya Jas Hujan Ponco Terbukti Buat Celaka Bikers! Mengulas pemilihan jas hujan juga pakaian yang memiliki ukuran panjang perlu diperhatikan terutama saat berkendara motor (Foto: Tribunnews)

KabarOto.com - Mungkin untuk pejalan kaki jas hujan ponco bisa menjadi alternatif untuk menepis air hujan. Namun, entah sudah berapa kali diberi himbauan, pengendara sepeda motor di Indonesia seakan tak peduli tentang anjuran bahaya jas hujan ponco, yang biasa disebut jas hujan Batman itu.

Dalam sebuah rekaman yang sedang viral di sosial media, terlihat seorang wanita yang tengah dibonceng sepeda motor mengenakan jas hujan model ponco di tengah hujan.

Dari awal, sudah terlihat jas hujan ponco yang dikenakan wanita tersebut tampak menjuntai hampir menyentuh aspal. Nahas, hal yang terjadi berikutnya adalah petaka, pembonceng tersebut terpelanting dari jok motor dan terjatuh ke aspal, yang membuat pengendara motor langsung menghentikan lajunya.

Baca Juga: Kebiasan Buruk Simpan Jas Hujan Di Bawah Jok Motor

Ketika kamera perekam menghampiri, nampak jas hujan wanita tersebut tersangkut masuk ke dalam jeruji sepeda motor. Kondisi wanita tersebut tidak mengalami luka parah dan masih bisa berdiri.

Rekaman video itu langsung menuai tanggapan warganet yang peduli dengan keselamatan berkendara terutama di saat musim hujan seperti saat ini.

jas hujan yang aman
Contoh jas hujan yang berstandarisasi Nasional & Internasional dan Aman (Foto: Kipli)

Seperti pernah diungkapkan juga oleh Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), mengulas pemilihan jas hujan juga pakaian yang memiliki ukuran panjang perlu diperhatikan terutama saat berkendara motor.

Baca juga: Mau Bikin Kawasaki W175 Lebih Ganteng? Lihat Paket Dari Katros Garage Ini

“Apalagi sebelum berkendara tidak melihat kondisinya bagaimana, apakah dekat dengan gir, rantai atau pelek,” ucap Jusri .

Selain itu, menurut beberapa sumber mengenai keselamatan berkendara, wanita tidak disarankan untuk menggunakan sepeda motor yang menggunakan rantai.

Motor matik yang menjadi pilihan motor yang tepat sebab memiliki cover untuk meminimalisir hembusan angin di bagian bawa serta tidak menggunakan gir atau rantai.