POPULAR STORIES

Baca Ini Bila Anda Sering Emosional Saat Mengemudi Mobil

Baca Ini Bila Anda Sering Emosional Saat Mengemudi Mobil

KabarOto.com - Pemerintah akan menerapkan era baru atau yang biasa disebut New Normal. Kondisi ini dibuat setelah masa Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB) yang akan berakhir.

Sobat KabarOto yang akan memulai beraktivitas menggunakan mobil, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain kondisi mobil, persiapan lain yang tak kalah penting adalah menahan emosi.

Emosi akan muncul, saat kondisi jalanan di Jakarta dan kota besar lainnya macet. Karena masyarakat akan lebih banyak yang menggunakan mobil. Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000 mengatakan, mengendalikan emosi saat mengemudi itu penting, agar tetap bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan terhindar dari kecelakaan. Berikut cara meredam emosi saat mengendarai mobil:

Baca Juga: Jeff Zwart Berbagi Tips Videografi Mobil Dengan Benar

1. Menggunakan masker, rajin cuci tangan ataupun menyemprotkan hand sanitizer terkesan merepotkan. Kebiasaan untuk patuh menjalankan protokol kesehatan dapat membuat diri merasa tenang dan terlindungi sehingga tidak mudah terpancing emosi. Hindari copot pasang masker saat mengemudi karena berbahaya, menjadikan fokus terbelah dan tangan yang sibuk dapat membuat lepas kendali akan kemudi.

2. Jangan mengalihkan perhatian ke hal lain seperti bermain ponsel. Apalagi jika Sobat KabarOto justru membaca berita mengenai Covid-19 yang bisa meningkatkan rasa cemas. Boleh saja mencari informasi mengenai wabah ini, namun kerjakan di waktu luang sehingga tidak mengganggu aktivitas mengemudi.

Perhatikan protokol kesehatan selama di kabin

3. Ubah kabin mobil menjadi sebuah ruang keluarga yang menyenangkan. Jaga kebersihan mobil dan pastikan AC dingin. Tambahkan pengharum kabin mobil agar suasana terasa lebih rileks ketika mengemudi. Bawa makanan dan minuman ringan supaya tetap menjaga kewaspadaan ketika berkendara.

4. Musik bisa menyebarkan aura rileks saat mengemudi sehingga tidak mudah terpancing emosi. Siapkan playlist lagu kegemaran dan simpan dalam format mp3 di flashdisk. Atau bisa memanfaatkan aplikasi pemutar lagu di ponsel dan menghubungkan dengan fasilitas Bluetooth di sistem audio mobil.

5. Patuhi Aturan Lalu-lintas merupakan salah satu hal yang baik dan tidak akan membuat kegaduhan di jalan. Jangan ikut pengguna jalan lain yang melanggar peraturan lalu-lintas.

Baca Juga: Ini Tips Buat Yang Mau Modifikasi OEM Look

6. Jika ada pengemudi lain yang memancing amarah, coba tarik nafas dalam-dalam dan buang lewat mulut secara perlahan. Lakukan sebanyak 3 kali sampai merasa tenang dan sanggup menahan diri untuk tidak melakukan tindakan berbahaya. Orang yang emosinya sedang tinggi malah cenderung melakukan kesalahan kecil tapi fatal seperti menyenggol mobil lain yang tidak terlibat masalah.

7. Jaga Kondisi Kendaraan dengan melakukan service. Jika AC rusak atau mesin ngadat tentu kan terpancing emosi.