POPULAR STORIES

Cara Mengetahui Kondisi Mesin Lewat Busi Kendaraan

Cara Mengetahui Kondisi Mesin Lewat Busi Kendaraan Kondisi busi yang terlihat bahwa bahan bakar boros (Dok. Istimewa)

KabarOto.com - Terkadang riders belum semua tau cara mengetahui keadaan mesinnya bagaimana, baik atau tidak?. Busi merupakan suatu komponen penting untuk mesin kendaraan, fungsinya untuk memercikkan bunga api kedalam ruang pembakaran.

Busi juga bisa menjadikan alat untuk mendiagnosa kondisi mesin, dengan cara melihat warna ujung busi saat akan kalian bersihkan. Tampilan warna yang dihasilkan pada busi terbentuk akibat efek pembakaran. Ada beberapa warna yang dapat diliat dari busi hasil dari pembakaran mesin kendaraan sobat kabaroto.

Hal yang pertama, apabila mesin normal dapat diliat dari kondisi busi dalam keadaan normal denga tampilan warna coklat keabuan-abuan dengan warna yang merata(merah bata) pada ujung elektroda sampai selongsong busi.

Kemudian yang kedua, apabila busi berwarna kuning, pertanda kinerja mesin kendaraan sobat kabaroto terlalu berat atau bisa dibilang kinerja mesin terlampau berat. Hal ini bisa dikarenakan sering melakuka akselerasi dan suka tiba-tiba menurunkan gas secara tiba-tiba.

Kalau kendaraan sobat kabaroto terasa boros pada bahan bakar. Cek tampilan warna busi kendaraannya, mesin kendaraan yang boros pada bahan bakar akan menyebabkan pada kepala busi berwarna hitam pekat. Penyebabnya yakni pembakaran pada mesin tidaklah sempurna, karen kualitas bahan bakar pada kendaraan tidak bagus(oktan rendah).

Lalu kalau sobat kabaroto mendapati busi dengan hitam basah atau ada seperti olinya, itu menandakan bahwa ada kebocoran pada mesin. Hal kebocoran pada mesin ini bisa dari ring piston tidak pas penempatannya, bos klep bocor, atau bisa juga oli mesin kebanyakan yang mengakibatkan seal klep bocor.

zqsds

Jika busi sudah overheating, artinya diakibatkan oktan terlalu tinggi atau bis dibilang pengapian tidak benar. Pencetus api sering menerima panas yang berlebihan, apalagi macetnya ibukota yangs ering macet memberikan dampak efek seperti ini. Penyebab lainnya seringnya menggeber atau dikenal dengan memaikan langsam, dapat terjadinya detonasi akibat oktan terlalu rendah dan menimbulkan warna busih putih.

Dengan adanya penjelasan diatas, sobat kabaroto bisa mengecek bagaimana warna busi pada kendaraannya.Ada baiknya sobat kabaroto mengecek kondisi busi, untuk pergi kebengkel agar bisa mendapatkan perawatan dan servis. Sehingga saat anda mengendarai motor, sudah merasakan dengan nyaman dan baik untuk dikemudikan.