POPULAR STORIES

Bagaimana Perawatan Busi All New Toyota Avanza?

Bagaimana Perawatan Busi All New Toyota Avanza? Kipli/TAM

KabarOto.com - Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan All New Toyota Avanza sebelum ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 bulan lalu.

Animo kendaraan yang punya julukan 'mobil sejuta umat' tersebut memang tak terbendung sejak kelahiran pertamanya. Nah, setelah tipe terbarunya rilis, Sobat KabarOto pun pasti penasaran bagaimana perawatan rutinnya, apakah sama dengan generasi sebelumnya?

Baca juga: All New Toyota Avanza Dan Veloz Catatkan Jumlah SPK Terbanyak Di GIIAS 2021

Kurniawan Prasetyo selaku salah satu teknisi Auto2000 Astra Biz Center, BSD City, Tangerang mengatakan bahwa pada dasarnya perawatan rutin untuk All New Toyota Avanza sama dengan generasi sebelumnya.

"Biaya untuk servis tentu bervariatif, namun untuk penggantian busi sesuai standar petunjuk manual yakni 20 ribu kilometer," ujar pria yang akrab disebut Tilank saat diwawancarai KabarOto (09/12).

Ia bilang, jenis busi yang digunakan pun hingga generasi terbarunya relatif sama, namun ia memberi informasi bahwa ada 2 jenis busi yang bisa digunakan untuk mengakomodir pengapian mobil tersebut.

Baca juga: Ada 13 Varian New Toyota Avanza Dan New Veloz, Ini Harga Versi Auto2000

"Ada 2 jenis busi, yang standar disarankan hingga 20.000 km pemakaian, sedangkan untuk jenis iridium disarankan penggantian ketika mencapai 5.000 km hingga 100.000 km pemakaian," jelas pria yang bermukim di kawasan Tangerang Selatan itu.

Menurutnya, material businya pun masih menggunakan bahan yang relatif sama, yakni kombinasi keramik dan baja.

"Untuk kodenya itu P/N : 9004A-91068, nah untuk harganya dibanderol di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 28 ribuan per satunya," tutupnya.