POPULAR STORIES

Bagian Mobil Ini Wajib Diperiksa Usai Digunakan Liburan Akhir Tahun

Bagian Mobil Ini Wajib Diperiksa Usai Digunakan Liburan Akhir Tahun Mekanik memeriksa mobil konsumen di bengkel resmi Toyota (Foto: Auto2000)

KabarOto.com - Liburan akhir tahun sudah selesai. Anda yang bepergian ke luar kota menggunakan mobil ada baiknya memeriksa terlebih dahulu kondisinya ke bengkel, sebelum digunakan untuk aktivitas sehari-hari, agar tetap prima dan bahan bakarnya efisien. Berikut bagian mobil yang harus dipriksa usai digunakan liburan akhir tahun:

1. Periksa Ban Mobil

Ban mobil sudah digunakan untuk membawa beban penumpang dan barang, saat liburan bersama keluarga. Melintasi berbagai kondisi jalan. Oleh karena itu, wajib periksa tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan.

Baca Juga: Bisa Dilakukan Mandiri, Cek Mobil Sebelum Berlibur Akhir Tahun

Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir pelek mobil. Segera bawa ke bengkel Auto2000 untuk pengecekan. Periksa ban cadangan, lakukan spooring dan balancing untuk menjaga kondisinya.

2. Cek Oli Mesin

Cek kondisi oli mesin yang sudah bekerja keras mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Pastikan volumenya sesuai takaran dan tambah kalau kurang. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Jika ditemui hal mencurigakan, bawa ke bengkel resmi segera.

3. Waspada Kaki-kaki Mobil

Perhatikan sokbreker, pastikan tidk bocor, lihat karet-karet penyangga di sekitar, getas atau robek. Kemudian cek kondisi selang rem, untuk mencegah kebocoran. Lihat kondisi kampas rem cakram. Untuk tromol perhatikan dindingnya, apakah erjadi kebocoran. Periksa bagian lain di kolong mobil untuk memastikan tidak ada masalah.

Pemeriksaan ban harus rtin dilakukan (Foto: Auto2000)

4. Kondisi Mesin Wajib Prima

Bersihkan mesin dengan kain lap basah supaya terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakah ada masalah.

Jika tidak ada, bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi. Jika sampai ada masalah, cara terbaik untuk mengecek dan memperbaiki adalah dengan membawa mobil ke bengkel Auto2000.

5. Inspeksi Cairan Mobil

Komponen bergerak pada mobil banyak yang tergantung kepada cairan. Memulai dari mengecek cairan radiator bersama tabung cadangan. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan cairan rem dan pembersih kaca depan.

Periksa volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual. Cek ketinggian air aki, lanjut bersihkan permukaan tutup pengisi dan terminal aki. Lanjut cek volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC tidak kurang.

6. Bersihkan Kabin dan Bagasi Mobil

Pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, mulai dari bodi, kolong mobil, ruang mesin, hingga kabin dan bagasi. Kabin dan bagasi harus diberi perhatian lebih mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang.

Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga kebersihannya. Bisa menyemprotkan bahan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman.

Baca Juga: Pemilik Mobil Matik Wajib Cek Oli Transmisi Setiap 20 Ribu Kilometer

“Setelah libur, jangan lupa untuk periksa komponen mobil supaya terjaga kondisinya dan siap kembali beraktivitas," terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.