POPULAR STORIES

Bakar Mobil, Cara Warga Prancis Rayakan Tahun Baru

Bakar Mobil, Cara Warga Prancis Rayakan Tahun Baru Sebuah mobil dibakar (Foto Ilustrasi: Istimewa)

KabarOto.com - Banyak cara dilakukan untuk merayakan malam pergantian tahun. Dengan membakar kembang api atau bahkan mendaki gunung dan melihat matahari terbit di tahun yang baru. Namun ada beberapa masyarakat di Prancis yang merayakan tahun baru dengan cara beda.

Baca juga: Alpine A110 Jadi Mobil Patroli Kepolisian Prancis

Dilansir dari DW, beberapa warga Prancis merayakan tahun baru dengan membakar ratusan mobil di jalan. Namun, tahun 2022 ini mereka hanya membakar lebih sedikit mobil dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini karena kondisi saat ini di Prancis masih pandemik Covid-19.

Ilustrasi mobil dibakar (Foto: Dok:Mikhail Litvin/YouTube)

Tahun 2019 lalu, tercatat mobil yang dibakar warga Prancis sebanyak 1.316 kendaraan. Pembakaran mobil di setiap malam pergantian tahun ini, sudah dimulai pada 1990-an di sekitar Strasbourg bagian timur Prancis.

Berawal dari pemuda berpenghasilan rendah tahun 1900-an. Ini dilakukan sebagai bentuk protes proyek perumahan. saat ini terus menyebar di beberapa wilayah Prancis sejak 2005. Polisi setempat mengatakan, di tahun itu hampir 9.000 kendaraan dibakar dalam kerusuhan politik.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah, Peugeot Elite Cycles Raih Podium Di Balap Prancis

Berbagai alasan muncul saat aksi pembakaran mobil di Prancis, dari pemuda pemberontak, keinginan untuk menutupi tindakan kriminal, serta klaim asuransi palsu.

Setiap pergantian tahun, polisi di Prancis berjaga-jaga untuk mengurangi tindak pembakaran mobil yang berujung anarkis. Pemerintah setempat telah mengimbau warga untuk tidak melakukan pembakaran mobil. tetapi hal itu ditadk diindahkan oleh beberapa warga.