POPULAR STORIES

Balai Kemenperin Berhasil Mengolah Sampah Plastik Menjadi BBM Setara Solar

 Balai Kemenperin Berhasil Mengolah Sampah Plastik Menjadi BBM Setara Solar Ilustrasi SPBU (KO)

KabarOto.com - Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK), salah satu unit lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, berhasil mengolah sampah plastik jenis polietilena (kantong plastik) menjadi carian sejenis bahan bakar minyak (BBM).

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara mengatakan, limbah plastik tersebut diubah menjadi senyawa lainnya yang lebih bermanfaat, melalui proses pirolisis.

Baca Juga: Perjalanan BMW Seri 3 Dari Masa Ke Masa

"Pada proses pirolisis, limbah plastik akan diubah menjadi fasa cair dan fasa gas serta residu berupa padatan," ungkap Ngakan dalam keterangan resminya, kemarin (26/09).

Ngakan Timur Antara saat memberikan penjelasan

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa hasil litbang tersebut diharapkan juga dapat membantu upaya pemerintah dalam penanggulangan masalah sampah plastik. Apalagi pemerintah menargetkan, untuk mengurangi sampah plastik hingga 70% pada 2025.

Berdasarkan uji laboratorium yang telah dilakukan, didapatkan spesifikasi pelarut mendekati jenis pelarut produksi PT. Pertamina. Jenis pelarut tersebut, yaitu Pertasol (10%), Minasol (10%), dan Low Aromatic White Spirites (30%) serta solar (40%) dengan cetane number sebesar ± 60 sesuai spesifikasi Euro4.

Ilustrasi cara kerja Pirolisis

Baca juga: Test Drive Mazda 3 Sedan - Paket Lengkap Dalam Sebuah Mobil Kompak

"Produk yang dihasilkan oleh alat pirolisis hasil rekayasa BBKK ini memiliki karakteristik setara solar," ujar Kepala BBKK Wiwik Pudjiastuti.

Selain keempat pelarut itu, hasil samping yang potensial juga bisa dimanfaatkan adalah gas yang jika diproses lebih lanjut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar gas.

Gas yang dihasilkan melalui proses pirolisis, yaitu gas hidrogen 9,1%, metana 4,7%, etana 4,6% dan propana 12,2% dengan nilai kalor 1209,25 BTU/ft3.

"Gas hasil pirolisis juga telah terbukti dapat diaplikasikan pada kompor gas, burner proses pirolisis serta genset," tutur Wiwik.