Balap ISSOM New Normal, Amankah?

Balap ISSOM New Normal, Amankah?

KabarOto.com - Setelah absen beberapa bulan karena pandemik Covid-19, akhirnya pihak PT Sirkuitindo Sarana Utama atau Sirkuit Internasional Sentul kembali menggelar balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2020 seri perdana.

Balap yang digelar pada hari Minggu (30/8), kembali dihadiri para pembalap di berbagai kelas. Meski demikian, memang sebagian pembalap masih terpaksa absen dan pit sirkuit terlihat kosong akibat pandemik dan beberapa hal lainnya.

Salah satu pembalap kelas Super Retro angkat bicara, "Kita saling kontak di grup, memang kendala utama di pandemik, tak ada kejurnas juga poin dan sudah pertengahan tahun, jadi seperti tanggung kesannya," ujar Ismail Ekadana ketika dihubungi KabarOto, Selasa (01/09).

Pembalap berkacamata yang juga turun di kelas Mercedes-Benz One Make Race Championship itu juga bilang saat memasuki sirkuit, ia diperiksa oleh thermo gun dan disemprot disinfektan.

Baca Juga: Awali Balap Perdana Di ISSOM 2020, Datsun Jakarta Racing Team Dominasi Kelas Retro 1600 SOHC

Umar Basalamah selaku pembalap di kelas Super Touring Car Race (STCR) juga menerima perlakuan serupa, "Gue juga diperiksa sih pakai thermo gun," ujarnya singkat saat diwawancara KabarOto.

Senada dengan hal tersebut, Andriansyah Soenaryo selaku pembalap dari Datsun Jakarta Racing Team (DJRT) juga menerima fasilitas yang mirip dengan yang lain, "Thermo gun iya (diperiksa), tapi mobil enggak disemprot," ujar pembalap yang menjadi juara 1 di kelas Retro 1.600 SOHC saat dikonfirmasi KabarOto (01/09).

Namun, beberapa pihak merasa tidak mendapatkan perlakuan serupa. Sebanyak kurang lebih 4 responden ketika diwawancara KabarOto yang datang ke sirkuit pukul 10.00 pagi hingga 11.00 siang, mengaku tidak mendapatkan fasilitas pengecekan thermo gun dan semprotan disinfektan pada mobil.

Menanggapi hal tersebut, Lola Moenek selaku General Manager (GM) PT Sirkuitindo Sarana Utama angkat bicara, "Ya, mohon maaf jika masih ditemui hal tersebut. Hal yang manusiawi, mungkin petugas sedang pergi ke toilet atau mengganti baterai thermo gun."

"Namun, saya sendiri mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak usai balap berlangsung," pungkasnya ketika dikonfirmasi KabarOto via telepon, Selasa (01/09).