POPULAR STORIES

Balap Motor 2 Jam Shell BLU CRU Yamaha Endurance Festival, Begini Detailnya

Balap Motor 2 Jam Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival, Begini Detailnya Starter Shelll bLU Cru Yamaha Endurance memulai start (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - bLU cRU Yamaha Endurance Festival kembali digelar. Ini berupakan balapan ketahanan sepeda motor pertama di Indonesia. Bagaimana detail balapannya?

Mirip seperti balap ketahanan mobil Le Mans 24 Hours Prancis, para peserta sebelum start berada di pinggir kanan lintasan, sementara motornya pinggir kiri lintasan, tepat di posisi start sirkuit.

Baca Juga: Balap Motor Ketahanan BLU CRU Yamaha Endurance Festival 2023 Di Mandalika, Diikuti 98 Starter

Sebelum mulai, mereka keluar paddock, untuk memutari sirkuit. Lalu masuk ke garis start dengan kondisi motor mati. Mekanik pun menghampiri dan memarkirkan motor di pinggir lintasan, tepat di sebelah kiri, didirikan menggunakan jackstand. Urutan disesuaikan dengan hasil kualifikasi yang sudah dilakukan di hari sebelumnya.

Kemudian, starter berada di seberang motor, ada di pinggir sebelah kanan lintasan. Umbrella girl sudah siap di samping kursi yang sudah disiapkan. Setelah aba-aba diberikan, mereka menghampiri motor dan memulai sesi pemanasan.

Setelah selesai, kembali motor dimatikan dan menempati posisi semula. Kali ini starter berada di pinggir lintasan tanpa kursi, dan berdiri sambil memp[[erhatikan aba-aba yang diberikan oleh penyelenggara.

Starter berlari menghampiri motornya yang sudah dipersiapkan oleh tim (Foto: KabarOto)

Usai aba-aba, melalui waktu terhitung mundur 5-1, mereka pun berlari menggunakan ridiing gear lengkap menghampiri motor yang sudah dipersiapkan oleh teknisi.

Saat itu juga, mulai menyalakan motor yang sudah masuk ke posisi gigi satu, lalu menyalakan starter memutar gas dan mulai balapan. Berlangsung selama dua jam, satu tim terdiri darii dua orang dan satu motor.

Sewtiap setengah jam, setiap starter masuk ke pit untuk berganti dengan teman satu tim nya. Lalu starter kedua melanjutkan balapan, kemudian setelah setengah jam, kembali kepada starter pertama begituu seterusnya hingga dua jam.

Saat masuk ke pit, bahan bakar motor pun ditambah, mekanik pun mengecek kondisi ban dan juga sepeda motor. Hanya hitungan 2,5 menit kemudian kembali ke lintasan.

Starter bersiap untuk memulai balapan (Foto: KabarOto)

Dalam event ini, para starter sebelumnya harus mengiikuti tes kesehatan, oleh dokter yang disiapkan oleh penyelenggara, yaitu Yamaha Indonesia Manufacturing Motor (YIMM).

Karena stamina pengendara dan juga motornya benar-benar harus terjaga. Tim pun memberi tanda waktu di pinggir lintasan.

Baca Juga: Balap Yamaha Endurance Festival Bakal Digelar Akhir Pekan Ini, Begini Agendanya

Manajer Motorsport Yamaha Racing Indonesia, Wahyu Rusmayadi mengatakan, beberapa kelas yang dikompetisikan dalam Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023 Mandalika. Mulai kelas R6 Community, kemudian R25 Pro Rider, R25 Community, R15 Community, R15 Media dan kelas baru R1 Community.

Para pembalap akan mengendarai motor Yamaha YZF-R25 ataupun YZF-R15 untuk durasi balap ketahanan selama 2 jam pada masing-masing kelas tersebut. Sedangkan kelas R1 Community balapan 1 jam.