Balapan Yamaha Endurance Festival Berlangsung Seru

Balapan Yamaha Endurance Festival Berlangsung Seru

KabarOto.com - Balapan ketahanan motor Yamaha Endurance Festival 2019, diikuti oleh 48 tim yang terdiri dari kategori kelas sport 155 dan sport 250. Balapan ini selain diikuti para pembalap professional, juga awak media ikut ambil bagian, tak ketinggalan rekan-rekan komunitas juga terlibat.

Mereka datang dari berbagai penjuru daerah dan ingin menikmati sensasi balap ketahanan yang tahun ini durasinya ditingkatkan menjadi 2 jam. Diantaranya dari komunitas ROCK, YROI, YRFI, R15 Club Indonesia, RISER, YR15CI Jakarta, R15 Club Indonesia, YMTI dan Cornering Indonesia

Untuk menentukan posisi saat akan balapan, babak kualifikasi dilakukan pada hari Sabtu (14/09). Setiap kategori tersebut dibagi dalam grup kuning dan grup biru. Catatan waktu mereka akan dikombinasi untuk penentuan starting grid.

Duet pembalap tim Yamaha Cargloss yakni Rey Ratukore dan M Faerozi yang disupport mekanik Leon Chandra menjadi yang tercepat untuk Sport 250 cc grup kuning dan grup biru. Masing-masing mencatat best-time 1 menit 44,235 detik dan 1 menit 44,398 detik.

Baca juga: Yamaha Endurance Festival (YEF) 2019, Bukti Komitmen Yamaha Di Motorsport Indonesia

Tim Media, tembus 10 besar saat kualifikasi

Untuk kelas jurnalis atau media, Ainto Harry Budiawan memberikan kejutan di kelas sport 155, ia sukses menembus posisi ke-10 dalam babak kualifikasi Sport 150. "Saya senang sekali bisa mengikuti kompetisi Yamaha Endurance Festival 2019. Hasil QTT sangat diluar dugaan. Handling Motor Yamaha YZF-R15 sangat stabil sekali. Rekan setim sudah saling kenal dan mekanik sangat kooperatif sehingga penyesuaiannya cepat," ujar Ainto Harry Budiawan.

Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto pada kelas Sport 155 cc. Morimoto bergabung dengan Shu Sato dan Yoshinuri Taniguchi dalam bendera tim Yamaha Racing Indonesia (YRI). Secara mengejutkan, mereka mengukir waktu tercepat dan berada di starting grid terdepan dengan torehan waktu 2 menit 04,410 detik.

“Saya harus menang dalam balap ketahanan ini. Saya sangat enjoy dengan race ini. Secara fisik, saya kuat walaupun sudah berusia 59 tahun. Jika nanti menang, maka hadiahnya akan saya berikan sebagai amal, “ujar Minoru Morimoto yang mengendarai All New Yamaha YZF-R15.

Baca juga: Tikung Quartararo Di Lap Akhir, Marquez Juara MotoGP San Marino 2019

Balapan berlangsung pada hari Minggu (15/08) terlihat cukup seru, dengan selang waktu 2 jam, para pembalap di setting untuk bergantian setiap 10 putaran. Beberapa pembalap terjatuh saat lomba, karena terlalu ketatnya lomba sehingga mereka mengeluarkan seluruh kemampuannya secara maksimal.

Minoru Morimoto, Shu Sato dan Yoshinuri Taniguchi dengan usianya yang sudah tidak muda lagi, masih sanggup bertahan diposisi kedua hingga balapan usai. Sementara duet pembalap Rey Ratukore dan M Faerozi dari Yamaha Cargloss berhasil menyelesaikan lomba diposisi terdepan.



Sehubungan kesuksesan penyelenggaraan Yamaha Endurance Festival 2019 Sentul ini disupport oleh berbagai sponsor, yaitu Yamalube, Idemitsu, Pirelli, KYB, NGK, IRC Tire dan YES24.

Hasil Lomba kelas sport 155

Berita Terkait

Berita Terkait