Bamsoet: IMI Akan Kawal Motor Listrik BL-SEV01 Uji Layak Jalan

Bamsoet: IMI akan Kawal Motor Listrik BL-SEV01 Uji Layak Jalan BL-Sev01 berada di sirkuit Mandalika

KabarOto.com - Universitas Budi Luhur (UBL) sukses menguji motor listrik Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Motor itu sudah menempuh perjalanan Jakarta ke Mandalika dengan jarak 1.340 kilometer tanpa hambatan.

Keberhasilan UBL dalam pengujian tersebut, diapresiasi oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo. Dia minta, setelah melakukan uji coba ini, motor listrik hasil karya anak bangsa itu harus segera melakukan uji layak keselamatan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Motor Listrik BL-SEV01 Sukses Tempuh Jakarta Ke Mandalika

Karena, uji layak adalah salah satu syarat yang harus dilalui agar motor listrik itu bisa diproduksi secara massal untuk digunakan masyarakat Indonesia. "IMI bersedia kawal untuk mendukung motor listrik itu melakukan uji layak agar memastikan unsur keselamatannya terjamin," jelas Bamsoet, di Univeristas Budi Luhur, Selasa (12/10/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI itu pun percaya, motor listrik yang dibangun oleh mahasiswa dan dosen UBL itu, bisa melewati uji layak keselamatan. Selain itu, Bamsoet juga bangga dengan tim UBL bisa mengembangkan empat kendaraan listrik, di antaranya Blizt, Neo Blits, UBL CE01 dan BL-SEV01.

"Saya bangga untuk perkembangan motor listrik. Ini adalah hasil karya yang keempat," terang politisi Partai Golkar itu. Sekadar informasi, Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta - Mandalika ini dilengkapi motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW.

Baca Juga: Diuji Menempuh Jarak 1.340 Km, BL-SEV01 Hanya Terkendala Masalah Ini

Didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.