POPULAR STORIES

Motor Listrik BL-SEV01 Sukses Tempuh Jakarta Ke Mandalika

Motor Listrik BL-SEV01 Sukses Tempuh Jakarta ke Mandalika BL-SEV01 Test Ride Jakarta ke Mandalika

KabarOto.com - Universitas Budi Luhur melakukan test ride motor listrik buatan mereka yang diberi nama Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Uji coba dilakukan dari Jakarta ke Mandalika Mandalika degan jarak tempuh 1.340 km.

Perjalanan BL-SEVO1 sukses dan memecahkan rekor sebagai motor listrik karya anak bangsa yang mampu menempuh jarak ribuan kilometer. Keberhasilan BL-SEV01 ini, mewujudkan konsistensi Universitas Budi Luhur untuk menciptakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan hemat.

Baca Juga: Motor Listrik BL-SEV01 Akan Diuji Coba 1.300 KM Menuju Mandalika

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, ST, MT, mengatakan, Touring Jakarta ke Mandalika ini merupakan proses pembelajaran secara praktik bagi dosen dan mahasiswa UBL, Fakultas Teknik Elektro.

Selama perjalanan, menurut Sujono tim Universitas Budi Luhur mengambil data teknis dari BL-SEV01 terhadap kontur jalan di Indonesia yang beragam mulai dari jalanan rata, jalan rusak, sampai jalur pegunungan.

BL-SEV01 untuk perjalanan ini dilengkapi motor listrik BLDC 96 Volt bertenaga maksimal 16 kW atau setara 21,4 dk, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.



“Tim manajemen touring motor listrik BL-SEV01 membawa 3 set baterai yang masing–masing mampu menempuh 100–140 km sekali perjalanan," terangnya. Untuk mempermudah perjalanan dan menghemat waktu, maka menerapkan penggantian baterai dengan sistem swab.

"Rata–rata dalam satu hari menempuh perjalanan kurang lebih 300 kilometer," tambahnya. Perjalanan hanya dilakukan siang hari karena malam hari pengisian baterai di penginapan dan istirahat.

Jakarta – Mandalika dipilih sebagai rute test ride karena perguruan tinggi ini mendukung penuh keberadaan sirkuit baru Mandalika dengan standar untuk menggelar MotoGP ataupun WSBK.

Keberadaan Sirkuit Mandalika juga sejalan dengan konsep BL-SEV01 yang mengusung model sport dan sangat cocok dikendarai di lintasan sirkuit. “BL-SEV01 telah melakukan uji coba di Sirkuit Internasional Sentul Bogor dengan top speed mencapai 140 kilometer per jam di lintasan lurus,” tegas Sujono.

Baca Juga: BL-SEV01 Motor Listrik Buatan Universitas Budi Luhur Diperkenalkan

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA, berharap touring ini bisa menjadi inspirasi masyarakat Indonesia, khususnya dosen dan mahasiswa mampu membuat kendaraan listrik.