Ban ATV Accelera Cocok Untuk AMMDes? Ini Jawabannya

Ban ATV Accelera Cocok untuk AMMDes? Ini Jawabannya Ban ATV X-TRA Gripper milik Accelera sendiri punya spesifikasi diameter 12 inci dengan lebar 11 inci (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Saat hari pertama pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 (2/8/2018), Kiat Mahesa Wintor memajang AMMDes atau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan di hall khusus kendaraaan komersial. Selang beberapa saat kemudian di acara yang sama, PT Elangperdana Tyre Industri juga meluncurkan tujuh tipe ban baru di Pre Function Hall 10.

Ban yang diluncurkan EP Tyres diantaranya adalah Accelera 651 Sport Treadwear 100, Accelera NPM R20, Zeetex ZPT, Omikron A/T OOL, Forceum ATZ OOL, ATV X-TRA Gripper, dan Forceum White Line Sidewall.

Nah, yang menarik dari pengamatan Kabaroto, ada korelasi antara roda yang digunakan pada beberapa kendaraan AMMDes yang bentuknya identik dengan salah satu tipe ban yang belum lama dirilis oleh EP Tyres, yakni ATV X-TRA Gripper.

Baca Juga: Ini Tabel Lengkap Pilihan Ban Baru Dari EP Tyres Di GIIAS 2018

"Memang bisa dipakai untuk kendaraan tersebut (AMMDes), karena dimensinya sama. Kebetulan untuk Accelera ATV X-TRA Gripper juga kita hanya merilis satu ukuran ini saja," jawab Suryadi, salah satu bos EP Tyres menjawab pertanyaan KabarOto di booth-nya. Namun terkait kerjasama diantara kedua belah pihak, dia belum bisa berkomentar, karena belum ada pembicaraan lebih lanjut.

Ban ATV X-TRA Gripper milik Accelera sendiri punya spesifikasi diameter 12 inci dengan lebar 11 inci. Ban tersebut diklaim dapat menopang Alat Pedesaan yang punya 183 jenis komponen atau setara 68% komponen lokal itu.

Sekedar info, AMMDes sendiri dibekali dengan mesin 500 cc bertenaga 11 dk dan 15 dk, yang disalurkan ke penggerak roda belakang dan dibekali differential lock system. Untuk mesin bertenaga 11 dk diperuntukan bagi pertanian karena kondisinya datar, sementara AMMDes 15 dk digunakan untuk lahan perkebunan dengan kontur naik turun.