POPULAR STORIES

Bantu Pengguna Mobil Listrik, SPKLU Mobile Pertama Di Indonesia Resmi Beroperasi

Bantu Pengguna Mobil Listrik, SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Resmi Beroperasi Foto : PLN

KabarOto.com - Siap membantu pemilik kendaraan mobil listrik, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mobile pertama di Indonesia bersiaga di ruas jalan tol Jawa Tengah untuk melayani pengisian daya kendaraan saat keadaan darurat.

Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk mensukseskan pelaksanaan mudik Lebaran 2023, khususnya dengan menyediakan SPKLU bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Baca juga: PLN Sediakan 8 SPKLU Di Sepanjang Jalur Mudik Jawa Timur, Catat Lokasinya

“Kami siapkan 616 SPKLU tersebar di seluruh Indonesia, ditambah 3 SPKLU mobile yang beroperasi khusus di ruas jalan tol di Jawa Tengah. Titik ini memang menjadi pusat lalu lintas mudik. Kami ingin pengguna kendaraan listrik dapat mudik dengan nyaman,” kata Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, A. Bargowo Wahyu Jatmiko menyampaikan bahwa SPKLU mobile ini merupakan inovasi terbaru PLN. SPKLU ini dapat mendatangi mobil listrik yang kehabisan daya di tengah jalan tol. Adapun SPKLU mobile ini siap siaga di 3 titik yaitu exit Tol Bawen, exit Tol Weleri, dan exit Tol Semarang selama periode arus mudik dan arus balik.

Foto : PLN

“Kami siapkan 3 Unit SPKLU mobile, jadi kita dapat melakukan pengisian daya dimanapun dan kapanpun. Inovasi ini sangat cocok untuk keadaan darurat yang bisa jadi dialami para pemudik yang menggunakan listrik, yaitu kehabisan daya baterai mobil di tengah ruas jalan tol,” tambah Jatmiko.

Dalam pelaksanaannya, PLN bekerja sama dengan beberapa stakeholders, yaitu Polda Jawa Tengah dan PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola jalan tol di Jawa Tengah.

Baca Juga : PLN Sediakan SPKLU Ultra Fast Charging Di Jalur Mudik, Catat Lokasinya

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada PT TMJ dan Polda Jawa Tengah yang telah bersinergi menghadirkan SPKLU mobile di ruas jalan tol di Jawa Tengah,” pungkas Jatmiko.

Jika pemudik dengan mobil listrik kehabisan daya di jalur tol dan membutuhkan layanan SPKLU Mobile, dapat langsung menghubungi nomor telepon hotline tol yaitu 14080. Petugas tol TMJ akan menghubungi SPKLU mobile terdekat untuk melakukan pengisian daya listrik di lokasi mobil listrik berada.