Banyak Dipercaya, Ternyata Cara Perawatan Ini Hanya Mitos

Banyak Dipercaya, Ternyata Cara Perawatan Ini Hanya Mitos

KabarOto.com - Selama berada di rumah saja, banyak kendaraan yang hanya diam di garasi atau depan rumah. Kalau di garasi biasanya masih tertutup kanopi yang membuat mobil terhindar dari panas matahari langsung dan hujan. Tapi, kendaraan di luar jauh lebih tidak terlindungi, sehingga perlu perawatan yang rajin.

Mobil di dalam garasi maupun di luar tetapi diam saja, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Sobat KabarOto setidaknya sesekali mengajak jalan-jalan mobil kesayangan atau sekadar memanaskan mesin. Hal tersebut dilakukan agar tetap prima.

Baca Juga: Langkah Mudah Merawat Mobil Peugeot Di Rumah Dengan Fitur Digital

Tapi, Sobat KabaroOto sadar tidak kalau banyak sekali mitos yang dipercaya oleh para pemilik kendaraan terkait perawatan mobil saat lebih banyak terparkir. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales mengungkapkan 3 mitos yang selama ini banyak diamini oleh masyarakat, apa saja ya?

1. Kaca Mobil Harus Dibuka Sedikit Saat Parkir Lama
Mitos pertama berkaitan dengan sirkulasi udara di kabin dengan cara membuka sedikit kaca mobil. Mitsubishi dalam keterangannya memberi penjelasa bahwa saat kaca mobil tertutup rapat tetap ada sirkulasi.

Ternyata kalau menurunkan kaca justru bisa terjadi kontra produktif. Kondisi ini bisa lebih parah untuk mobil yang diparkir di tempat yang tidak beratap.

Baca Juga:

2. Angkat Wiper Saat Parkir Lama
Banyak orang yang mempercayai bahwa wiper yang tidak diangkat akan mengeras sehingga memperpanjang umur karet wiper. Tapi, faktanya walaupun dijemur karet wiper tetap memiliki kelenturan. Biasanya, umur karet wiper bisa mencapai 2 tahun.

Perlu diwaspadai Sob, kalau mengangkat wiper dalam jangka waktu lama malah membuat per di dalamnya tertarik terlalu lama dan menurunkan kekuatan pernya.

3. Posisi Setir Harus Lurus Saat Parkir
Apabila posisi setir tidak lurus saat parkir maka akan berakibat kebocoran seal, kaki mobil tidak seimbang, kemudi tidak lurus, bahkan power steering rusak. Tenang Sob, ini hanya mitos untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan electronic power steering (EPS).

Nyatanya saat kondisi tertentu posisi ban memang harus belok, misalnya ketika parkir di jalan menanjak atau menurun.