POPULAR STORIES

Banyak Kecelakaan, T2 Motorsports Indonesia Meleset Dari Target Podium

Banyak Kecelakaan, T2 Motorsports Indonesia Meleset dari Target Podium T2 Motorsports/ Ferrari

KabarOto.com - Ajang Asian LeMans Series 2019/2020 telah memasuki putaran kedua. Menyelesaikan durasi 4 jam, putaran kedua ini diadakan di The Bend Motorsport Park, Australia, (12/1).

The Bend Motorsport Park Australia merupakan salah satu trek permanen terpanjang di dunia yang telah tersertifikasi oleh FIA dengan panjang 7,7 km dengan 34 tikungan menantang.

Trek yang baru beroperasi sejak 13 Januari 2018 silam ini menuntut ketahanan fisik dan konsentrasi penuh dari para pembalap T2 Motorsports.

“Cuacanya di sini cukup panas, bisa mencapai 40 derajat celcius, maka dari itu kami harus memperhatikan asupan air demi ketahanan fisik kami. Selain itu, kami juga harus konsentrasi penuh untuk menghadapi 35 tikungan di setiap lapnya,” ujar Rio Haryanto.

Kegiatan balap hari ini dimulai pada pukul 13:00 waktu setempat dan diwarnai oleh cuaca yang cukup terik. Berdasarkan hasil babak kualifikasi Sabtu, 11 Januari 2020 lalu, T2 Motorsports menempati posisi ke-4 di grid. David Tjipto menjadi pembalap T2 yang turun di 60 menit pertama. David berhasil menyalip 2 mobil Ferrari di depannya dan memperoleh posisi-2 sebelum pergantian driver dengan Rio Haryanto.

Baca Juga: Gas Pol Kualifikasi, T2 Motorsports Indonesia Duduki Posisi Strategis Jelang Balap Asian Le Mans

Para pesaing yang sangat kompetitif membuat T2 selalu berada di posisi yang tidak aman, “Kesalahan sekecil apapun dapat berakibat sangat fatal di balapan ini, maka dari itu kami selalu berusaha melakukan yang terbaik dan menaruh konsentrasi penuh saat di trek,” ujar David Tjipto.

Rio Haryanto mengisi posisi driver selama 1 jam 40 menit dan dilanjutkan oleh Christian Colombo untuk 1 jam 20 menit terakhir. T2 dapat mempertahankan posisi ke-2 selama 2 jam pertama namun seiring keluarnya mobil safety car, posisi T2 turun menjadi posisi ke-3.

Bertahan di posisi ke-3 hingga 3 menit terakhir, T2 harus rela turun ke posisi-4 setelah dikibarkannya bendera kuning sebanyak 2 kali karena kecelakaan yang terjadi.

Tim T2 Motorsports akan langsung bertolak ke Tanah Air pada hari Senin, 13 Januari 2020. “Pertandingan hari ini belum membuahkan hasil yang maksimal untuk kami, namun kami semakin percaya diri. Apalagi pembalap kami, Rio menjadi sorotan untuk perolehan waktunya di sesi free practice ke-2 kemarin dengan catatan waktu 2 menit 59,576 detik,” ungkap Irmawan Poedjoadi selaku Team Principal T2 Motorsports.

Jadwal Asian Le Mans Series 2019/2020:

14-15 Februari 2020: Sepang International Circuit, Malaysia
21-23 Februari 2020: Buriram Chang International Circuit, Thailand