Banyak Kerugian, Pertamina Tindak Tegas Pemalsuan Pelumasnya

Banyak Kerugian, Pertamina Tindak Tegas Pemalsuan Pelumasnya Pertamina

KabarOto.com - PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina berkomitmen untuk menghadirkan produk pelumas berkualitas.

Direktur Utama PTPL Werry Prayogi mengatakan, “Kami juga berkomitmen akan menindak tegas para pelaku pemalsuan sebagai bagian dari upaya perlindungan konsumen. Untuk kasus pelumas palsu, konsumen sangat dirugikan.”

Baca juga: Pertamina Akui Sudah Penuhi Kewajiban Ke MRTI Sebagai Sponsor

Kerugian dengan adanya pelumas palsu bukan hanya dirasakan oleh konsumen, namun juga negara dan masyarakat secara keseluruhan. Technical Specialist PTPL Nurudin memberikan gambaran umum terkait bahaya dan dampak penggunaan pelumas palsu.

Secara jangka pendek, menurutnya, penggunaan pelumas palsu dapat menurunkan performa mesin karena efek pelumasan komponen mesin yang kurang baik.

Baca juga: Pertamina Gandeng TNI Dan Polri Beri Sanksi Penyelundup Solar

"Secara jangka panjang, penggunaan pelumas palsu akan membuat mesin tidak reliabel, umur mesin tidak dapat mencapai ekspektasi sesuai umur desainnya dan pada saat jadwal maintenance mungkin lebih banyak parts yang harus diganti,” tuturnya.

Nurudin menambahkan pada beberapa kasus pelumas palsu tanpa additive detergent/ dispersant (tanpa TBN) untuk mesin diesel, dapat langsung merusak mesin.

Werry kembali menegaskan, pihaknya sudah mengantongi sertifikasi SNI untuk berbagai varian produk pelumas di segmen otomotif dan industri.