POPULAR STORIES

Baru Satu Juta Pendaftar Program BBM Subsidi Tepat Sasaran

Baru Satu Juta Pendaftar Program BBM Subsidi Tepat Sasaran Pengguna BBM bersubsidi (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pertamina sudah menjalankan program subsidi tepat, sebagai upaya penyaluran bahan bakar minyak kepada masyarakat yang menggunakan Pertalite dan Solar. Hanya beberapa jenis kendaraan saja yang bisa menggunakan dua bbm tersebut.

Sampai akhir Agustus, baru satu juta unit lebih kendaraan yang didaftarkan dalam Program Subsidi Tepat. Dari seluruh yang terdaftar, ada pergeseran, di mana persentase jenis kendaraan Pertalite hampir 70%, dan kendaraan pengguna Solar subsidi yang didaftarkan meningkat menjadi lebih dari 30%.

Baca Juga: Hari Ini Pertamina Turunkan Harga BBM, Berikut Daftarnya

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, Pertamina perlu mendata konsumsi BBM bersubsidi. Sehingga, penyalurannya bisa lebih termonitor dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan.

"Saat ini pun fokusnya masih pada pendaftaran dan sosialisasi, memastikan kesiapan sistem serta operasional di lapangan," ujar Irto Ginting dalam keterangan resminya, Kamis (1/9).

Pertamina juga terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014, yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi.

BBM subsidi (Foto: KabarOto)

Irto juga terus mengingatkan kepada masyarakat yang merasa berhak mendapatkan BBM subsidi agar segera mendaftarkan kendaraannya. Pertamina Patra Niaga juga saat ini sedang menguji coba kesiapan verifikasi QR Code di beberapa titik.

Dalam meningkatkan jumlah pendaftar, Pertamina Patra Niaga juga terus menambah titik booth pendaftaran langsung. Untuk pemilik akses internet dan handphone, pendaftaran online juga terus dipastikan tidak ada kendala melalui website subsiditepat.mypertamina.id dan menu Subsidi Tepat di aplikasi MyPertamina.

Selain itu juga ada lebih dari 1.300 titik booth pendaftaran offline yang tersebar di seluruh Indonesia. Lokasinya bisa dicek langsung melalui https://mypertamina.id/lokasi-pendaftaran-offline-bbm-subsidi-tepat.

Ke depan, Program Subsidi Tepat ini akan disinergikan dengan regulasi penetapan penyaluran BBM subsidi ditentukan pemerintah.

“Pemerintah dan Pertamina akan memastikan subsidi BBM menjadi lebih tepat sasaran," papar Irto Ginting.

Baca Juga: Harga BBM Pertamina Kembali Naik, Ini Daftar Harga Shell, BP Dan Vivo Terbaru

Ini juga sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat, yang memang berhak menikmati subsidi BBM, dan butuh energi dengan harga terjangkau, untuk kebutuhan mereka.