Beda Target Konsumen, Penjualan Suzuki Ertiga Dan XL7 Tak Saling Usik

Beda Target Konsumen, Penjualan Suzuki Ertiga dan XL7 Tak Saling Usik Foto: Kipli

KabarOto.com - Dilihat sekilas, Suzuki XL7 memang auranya tak jauh berbeda seperti Suzuki Ertiga dengan model alto karena aksen fender dan bumper. Secara dimensi, kedua mobil tersebut juga relatif tak terpaut jauh, lantas apakah penjualan kedua model tersebut tak saling sikut?

Donny Saputra selaku Head of Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) angkat bicara soal segmen kedua mobil tersebut. "Menurut data kami, 80% konsumen Suzuki Ertiga merupakan first car buyer, kalau di kelas MSUV (XL7) itu 43 % itu additional dan replacement, artinya hampir 50 % konsumennya berniat ingin tambah mobil atau ganti mobil," ujar Donny, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Suzuki Swift Hybrid Hadir Pada Ajang India Auto Expo 2020

Ia melanjutkan, karakteristik konsumen pun akan berbeda. "Meski konsumen tersebut berstatus first time buyer, requirement atau keinginannya lebih ke emotional product ketimbang functional product, kira-kira begitu," imbuhnya dihadapan wartawan (10/2/2020).

Meski Penyebaran pasar XL7 di Jabodetabek dengan Ertiga juga relatif mirip di angka 30 %, namun pihaknya optimis menjaring konsumen yang berbeda di kelasnya masing-masing. "Artinya Komposisi tadi, banyak pemilik atau konsumen MSUV yang sudah memiliki atau berpengalaman memiliki mobil, jadi memang klasifikasinya beda," ujar pria berkacamata tersebut.

"Ya, itu menurut data kami, Ertiga lebih menjaring konsumen yang bersifat functional-rational buyer dibandingkan konsumen XL7 yang bersifat functional-emotional buyer, maka dari itu target penjualannya juga berbeda," tutupnya.