Bedah Singkat Mobil Ramah Lingkungan, Suzuki Swift Strong Hybrid

Bedah Singkat Mobil Ramah Lingkungan, Suzuki Swift Strong Hybrid All New Swift Strong Hybrid (Deni/KO)

KabarOto.com - Memanfaatkan momentum gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menampilkan salah satu produk yang cukup menarik perhatian, yakni All New Suzuki Swift Strong Hybrid. Mobil ramah lingkungan ini terlihat cukup menarik animo para pengunjung GIIAS 2018.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, "Suzuki Swift Strong Hybrid sebagai wujud kesiapan kami untuk menghadirkan mobil murah lingkungan dan emisi rendah di Indonesia," paparnya.

Baca juga: Kupas Tuntas Suzuki Jimny Sierra Yang Jadi Primadona GIIAS 2018

Suzuki Swift Strong Hybrid dibekali dengan dua sumber tenaga, yakni mesin konvesional (dual jet engine) dan motor generator unit (MGU). "Di Suzuki, ada pemetaan untuk mobil-mobil ramah lingkungan, mulai dari Mild Hybrid, Strong Hybrid, dan Electric Vehicle," ujarnya.

Suzuki Swift Hybrid

Lebih jauh Yulius pun menambahkan, "Untuk jajaran Mild Hybrid kita sudah punya Ertiga Diesel Hybrid, kemudian Strong Hybrid ada All New Swift Hybrid, dan kita juga punya model yang sudah full Electric Vehicle," imbuhnya.

Sedikit lebih dalam mengenai All New Swift Hybrid, mobil ini dipersenjatai dengan motor listrik dan mesin konvensional. Kedua mesin tersebut bekerja secara simultan untuk menggerakkan kendaraan.

Suzuki Swift Hybrid

"All New Swift Strong Hybrid dilengkapi dengan baterai bertegangan 101 volt. Baterai tersebut dikombinasikan dengan motor listrik, sehingga mampu menghasilkan tenaga 13 dk dengan torsi 30 Nm. Motor listrik ini dikombinasikan dengan mesin bensin 1.2-liter Multi Jet bertenaga 90 dk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 118 nm di 4.400 rpm," paparnya.

Suzuki Swift Hybrid

Kombinasi dua mesin tersebut menawarkan dua jenis mode mengemudi, yaitu standar dan electric vehicle. Ketika mobil melaju dalam kecepatan di bawah 80 kpj atau konstan, MGU membantu menghentikan mesin secara otomatis dan mengubahnya menjadi mode EV. Suzuki mencatat, mobil ini mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 1 liter untuk 32 km.

Ketika melaju dalam kecepatan di bawah 80 kpj, motor listrik (Motor Generator Unit/MGU) akan membantu menghentikan mesin bensin secara otomatis dan menggantikannya dengan Electric vehicle (EV).

Suzuki Swift Hybrid

Namun ketika kecepatan bertambah, mesin akan bekerja kembali dan MGU membantu mesin konvensional untuk menambah kecepatan. Pada saat kecepatan berkurang atau menginjak rem, motor akan menghasilkan listrik untuk mengisi baterai Lithium yang digunakan pada mobil ini.