Kupas Tuntas Suzuki Jimny Sierra Yang Jadi Primadona GIIAS 2018

Kupas Tuntas Suzuki Jimny Sierra yang Jadi Primadona GIIAS 2018

KabarOto.com - Suzuki Jimny menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung mulai tanggal 2-12 Agustus 2018 di ICE, BSD City, Tangerang. Pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim, kehadiran generasi keempat Suzuki Jimny ini hanya sebatas tes pasar saja. Pun begitu, SIS mengklaim bahwa tidak menutup kemungkinan mobil ini bakal di produksi di Indonesia.

Pasalnya, mesin yang diusung Jimny sama dengan yang digunakan pada All new Ertiga. Dan jika benar terealisasi, tentunya bakal lebih menguntungkan bagi Suzuki Indonesia.

Baca juga: Wuihh.. Harga Suzuki Jimny Terbaru Ternyata Cukup Terjangkau

Seperti diungkapkan Soebronto Laras, Presiden Komisaris PT SIS mengatakan, "Kami tentunya memiliki keinginan besar untuk memproduksi di dalam negeri (Jimny). Karena kita memproduksi Ertiga yang menggunakan mesin yang sama. Jadi tentunya hal tersebut sangat menguntungkan buat kita," ujarnya beberapa waktu lalu saat dijumpai di area GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang.s

Lalu seperti apa Suzuki Jimny terbaru? Berikut ini redaksi KabarOto mencoba untuk merangkum lebih dalam mengenai mobil legendaris pabrikan berlogo 'S' tersebut.

Suzuki Jimny Concept

Eksterior

Secara desain Suzuki Jimny terbaru terlihat lebih modern, mewah dan juga sporty. Berbekal desain boxy, banyak kalangan menganggap bahwa generasi teranyar Suzuki Jimny tak lekang oleh waktu.

Kesan retro pun masih terasa pada desain Suzuki Jimny terbaru. Desain tersebut diperkuat dengan desain yang seakan mirip dengan Mercedes-Benz G-Class, dan gril depan dengan garis vertikal yang diapit dua lampu bulat, yang identik dengan penampilan Jeep.

Suzuki Jimny Sierra

Untuk menunjang kesan modern, pihak pabrikan telah melengkapi Jimny terbaru dengan teknologi LED proyektor yang dipadukan dengan multi-reflector halogen fog lamp. Tak hanya itu, Suzuki juga melengkapi lampu bulat itu dengan washer, sehingga lampu dapat tetap bersih meskipun habis melalui medan berlumpur.

Suzuki Jimny Sierra yang ditampilkan di ajang GIIAS 2018 memiliki dimensi panjang 3.550 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.730 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2,250 mm. Jika berkiblat kepada spesifikasi di negeri asalnya, Suzuki Jimny terbaru memiliki kapasitas tangki yang mampu menampung hingga 40 liter bensin.

Suzuki Jimny Sierra yang dipamerkan di ajang GIIAS 2018, memiliki berat sebesar 1.070 kilogram untuk varian manual, dan 1.090 kilogram untuk varian otomatis.

Mobil ini memiliki ground clearance 210 mm, sementara untuk radius putarnya Suzuki Jimny Sierra sebesar 4,9 meter. Jimny Sierra dibekali dengan ban berukuran 195/80 R15.

Suzuki Jimny Sierra

Interior dan Fitur

Suzuki Jimny Sierra dilengkapi dengan beragam fitur pendukung yang kini jadi lebih modern. Sebut saja sistem hiburan yang serupa dengan Suzuki Ignis, kontrol AC otomatis, tombol start, lampu depan otomatis, cruise control, rem otomatis mencegah tabrakan dengan pejalan kaki dan kontrol untuk audio dan telepon yang dipasang di stir kemudi.

Mesin

Suzuki Jimny Sierra dipersenjatai dengan mesin bensin 1,5-Liter K15B 4-silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 102 dk dengan torsi 130 Nm. Mesin ini sama dengan yang digunakan dengan Suzuki Ertiga.

Untuk pasar Jepang, Jimny akan hadir dengan mesin R06A, 660 cc, 3 silinder. Hal itu dilakukan untuk mematuhi peraturan tentang mobil kategori Kei, yang cukup ketat di Jepang.

Meski kapasitas mesinnya kecil, namun kinerjanya akan didukung oleh turbocharged. Sehingga mesin bensin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 64 dk dan torsi sebesar 96 Nm. Tenaga dari kedua tersebut tersalur ke roda melalui pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Suzuki Jimny Sierra

Pilihan Warna

Kuat dugaan sementara, jika jadi dipasarkan di tanah air, Suzuki Jimny bakal ditawarkan dalam dua jenis warna. Warna dual-tone dengan atap hitam dan warna bodi berbeda seperti Kinetic Yellow, Brisk Blue Metallic dan Chiffon Ivory Metallic. Sementara warna single-tone terdiri dari Jungle Green, Bluish Black Pearl 3, Medium Grey, Silky Silver Metallic dan Superior White.