POPULAR STORIES

Begini Asal Lahirnya Toyota Gazoo Racing Di Indonesia

Begini Asal Lahirnya Toyota Gazoo Racing di Indonesia Kipli

KabarOto.com - Toyota Gazoo Racing (TGR), secara resmi didirikan pada tahun 2015 di ranah global. Namun jejak langkah TGR sudah dimulai sejak 2007, ketika para karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama Gazoo Racing untuk mengikuti balap ketahanan Nürburgring 24 Jam di Jerman.

Partisipasi Toyota Gazoo Racing di dunia motorsport diakui pihak Toyota punya satu misi khusus, yaitu tidak hanya meningkatkan performa mobil balap, tapi juga kemampuan orang-orang yang membuatnya.

Pengalaman dan data yang didapatkan dari arena balap, kemudian dibawa ke pabrik sebagai acuan mengembangkan mobil baru. TGR mengklaim juga meyakini sebuah filosofi yaitu semua aktivitas di arena balap dapat mengasah kemampuan dan insting insinyur Toyota untuk mengembangkan mobil balap dalam memenuhi tuntutan di lapangan.

Tepat pada 19 Agustus 2021, Toyota Astra Motor (TAM) hadirkan divisi baru yaitu Gazoo Racing (TGR) yang diklaim membawa hawa motorsport di Tanah Air.

Baca Juga: Toyota Gazoo Racing Indonesia Sapu Bersih Kejurnas Gymkhana

TGR percaya dengan filosofi 'Roads Build People and People Build Cars'. TGR percaya bahwa jalanan adalah guru terbesar yang membantu mengasah indra untuk membangun mobil dengan benar.

Kedua, The Harsh Environment of Racing. Lingkungan balap yang keras merupakan tempat latihan yang ideal bagi TGR, banyak kejadian tak terduga terjadi dan keputusan sepersekian detik harus dibuat.

Ketiga, Dialogue with The Road. Dari jalanan pegunungan yang membekukan hingga jalur yang sangat panas melintasi gurun, di tikungan yang berkelok-kelok dan jalan lurus tidak berujung, di atas permukaan halus dan medan berbatu yang menginspirasi untuk membuat mobil lebih baik.

Keempat, Driver-centric. Pengemudi dianggap merupakan fokus utama dalam sebuah pengembangan kendaraan. TGR menciptakan mobil yang dapat dikendalikan dan membuat pengemudi merasa nyaman.

Baca Juga: Toyota Gazoo Racing Indonesia Buktikan Tajinya Di Musim Balap Pembuka 2023

Selain mobil produksi masal yang diproduksi oleh pihak TAM dengan label Gazoo Racing atau GR, pihaknya juga melabeli tim balap yang semula bernama Toyota Team Indonesia (TTI), dengan sebutan Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI).

Didalamnya terdapat beberapa pembalap berbakat pilihan Toyota yang berlaga di berbagai ajang balap Nasional hingga Internasional.

Sebut saja Jordan Johan, Alinka Hardianti, Ryan Nirwan, Adi Indiarto,Adrianza Yunial, Herdiko, Haridarma Manoppo dan Anjasara Wahyu yang memegang besutannya masing-masing di ajang balap touring, slalom gymkhana, rally hingga cross country yang masih bergulir hingga sekarang.