Begini Cara Hilangkan Goresan Hingga Jamur Di Bodi Mobil

Begini Cara Hilangkan Goresan hingga Jamur di Bodi Mobil

KabarOto.com - Saat ini DKI Jakarta sudah memasuki masa PSBB Transisi. Kendaraan sudah terlihat lalu lalang karena sebagian masyarakat sudah mulai melaksanakan aktivitas yang sempat terhenti saat karantina mandiri.

Di masa PSBB transisi di Jakarta ini ada beberapa peraturan yang diterapkan dalam penggunaan kendaraan bagi masyarakat. Suzuki Indonesia memberikan kiat khusus untuk merawat tampilan kendaraan Sobat KabarOto.

1. Menghilangkan goresan pada bodi mobil
Tahap awal, Sobat KabarOto bisa mencuci mobil terlebih dahulu di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Selanjutnya, gunakan kompon untuk menghilangkan goresan halus di bodi. Saat menggosok, gunakan kain micro fiber atau busa halus.

Baca Juga: Kejutan! Suzuki Jimny Jadi SUV Kompak Paling Laris Bulan Mei 2020

Perlu diperhatikan saat menggosok gunakan gerakan memutar, hingga goresan tidak terlihat. Setelah selesai menggunakan kompon, lanjutkan dengan mengoles wax menggunakan busa halus. Langkah ini diperlukan untuk menyempurnakan hasil. Sobat KabarOto bisa mengulangi prosesnya hingga hasil yang diinginkan.

2. Mencegah mobil berkarat
Apabila muncul karat di bodi mobil, hindari parkir terlalu lama di tempat lembap. Kemudian, segera cuci usahakan bagian bawah mobil tidak diabaikan apalagi kalau setelah terkena hujan.

Sobat KabarOto juga perlu memeriksa karet atau list penahan air di kaca pintu. Apabila terlihat karet sudah bocor atau tidak lentur, segera ganti dan bersihkan plat dengan bensin agar tidak berkarat. Karat bisa timbul apabila ada goresan di cat yang mengelupas sampai plat bodi.

Baca Juga: Ekspor Naik 22 Persen, Suzuki Andalkan 3 Mobil Ini

3. Merawat kaca supaya tidak mudah berjamur
Agar tidak timbul jamur, keringkan kaca hingga sempurna setelah mencuci mobil. Apabila bercak air dibiarkan menempel hingga kering dengan sendirinya, bisa menimbulkan jamur. Kalau mobil usai terkena air hujan atau kotor, bilas dengan air bersih.

Tips lainnya kalau kaca mobil sudah terlanjur berjamur, lap kaca mobil menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas. Ulangi proses tersebut hingga benar-benar bersih.

"Selain membuat lebih percaya diri saat berkendara, tentunya juga memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengendara yang mulai beraktivitas di luar rumah lagi pada masa PSBB transisi ini," ujar Herli Barlian, Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).