POPULAR STORIES

Begini Cara Kerja Sistem Hybrid Yamaha Grand Filano

Begini Cara Kerja Sistem Hybrid Yamaha Grand Filano Yamaha Grand Filano Hybrid Connected (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Yamaha Grand Filano Hybrid Connected diklaim memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih baik. Penasaran dengan cara kerja sistem hybrid-nya? Simak ulasan berikut.

Sebagai informasi saja, teknologi hybrid ini sebelumnya digunakan juga oleh Yamaha Fazzio yang diluncurkan awal tahun 2022 lalu.

Kedua skutik Yamaha ini menggunakan sistem hybrid yang sama, yakni Hybrid Power Assist. Sistem ini berfungsi memaksimalkan fungsi Smart Motor Generator (SMG) yang tersemat di mesin Bluecore Yamaha.

Baca Juga: Simulasi Pengisian Daya Baterai Smartphone Di Yamaha Grand Filano

Mesin mengusung teknologi Blue Core Hybrid 125 cc

SMG sendiri berfungsi sebagai electric starter di motor, kini dimaksimalkan sebagai Hybrid Power Assist. Selain itu, SMG juga memberikan tenaga tambahan ke motor saat berakselerasi.

Hybrid Power Assist, hanya membantu memberikan tambahan tenaga selama 3 detik, dari kondisi motor berhenti total hingga berakselerasi.

Sementara itu, SGCU (Starter Generator Control Unit) berfungsi untuk mengaktifkan SMG saat motor mulai berjalan, bukan saat motor dinyalakan pertama kali.

Baca Juga: Ini Biaya Perawatan Yamaha Grand Filano Hybrid - Connected

Spidometer menampilkan indikator konsumsi bahan bakar

Kemudian Hybrid Power Assist akan aktif ketika putaran mesin di atas 1.300 rpm, dan otomatis mati setelah 3 detik atau rpm mesin mencapai 5.500 rpm.

Menariknya, Yamaha Grand Filano Hybrid Connected tidak menggunakan baterai lithium tambahan, seperti digunakan sistem hybrid pada mobil maupun motor.