POPULAR STORIES

Begini Cara Melewati Polisi Tidur Yang Benar Dengan Sepeda Motor

Begini Cara Melewati Polisi Tidur yang Benar dengan Sepeda Motor YIMM

KabarOto.com - Ketika mengendarai sepeda motor, salah satu hal yang perlu diperhatikan saat di jalan adalah keberadaan polisi tidur, atau speed bump.

Polisi tidur biasanya dipasang di jalan agar pengendara mengurangi kecepatan. Namun, jika tidak dilalui dengan hati-hati, polisi tidur bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pengendara sepeda motor, bahkan menyebabkan kecelakaan.

Polisi tidur biasanya ada di jalanan yang ramai seperti persimpangan, juga perkampungan, untuk menghindari pengendara memacu motornya, karena kondisi di jalan tersebut ramai.

Berikut ini ada beberapa cara melewati polisi tidur dari Danang Hermanto, instruktur Yamaha Riding Academy Yogyakarta.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Throttle Body Sepeda Motor Kesayangan Sobat

1. Perhatikan tanda-tanda polisi tidur

Pengendara perlu mengenali jalan yang ada polisi tidurnya, sehingga mudah mengantisipasi dari kejauhan.

Sebelum mencapai polisi tidur, pastikan Sobat telah memperhatikan tanda-tanda peringatan yang biasanya dipasang di jalan.

Tanda-tanda tersebut bisa berupa papan tanda berwarna kuning, atau lambang polisi tidur yang terbuat dari cat putih atau kuning di permukaan jalan.

Ketika Sobat melihat tanda-tanda tersebut, maka berhati-hatilah dan siapkan diri untuk menghadapi polisi tidur.

2. Kurangi kecepatan

Ketika sudah mendekati polisi tidur, mulailah untuk melambatkan kecepatan kendaraan. Kurangi kecepatan secara perlahan dan pastikan Sobat tidak mengerem secara tiba-tiba.

Mengerem secara tiba-tiba, bisa menyebabkan roda sepeda motor terkunci dan membuat kendaraan menjadi tidak stabil. Kurangi kecepatan dengan menggunakan rem depan dan belakang secara halus.

Lakukan pengereman sebelum melewati polisi tidur, lepas rem sesaat ketika mau lewat dan gas kembali saat roda belakang sudah lewat polisi tidur.

Baca Juga: Mau Rawat Kendaraan Di Rumah Pakai THS? Ini Syaratnya

3. Ambil posisi berkendara yang tepat

Sebelum melewati polisi tidur, pastikan Sobat mengambil posisi yang tepat di atas sepeda motor. Tubuh harus rileks dan kedua tangan menggenggam setang dengan tenaga yang cukup.

Pastikan juga kedua kaki bertumpu pada footstep atau pijakan kaki sepeda motor, kedua lutut mengapit tangki motor bagi pengguna motor sport, atau masuk ke dalam dek motor bagi pengendara motor matik, agar keseimbangan tetap terjaga.

4.Pastikan motor lurus

Saat melewati polisi tidur disarankan motor dalam keadaan lurus, hindari menyamping saat melewatinya, karena berpotensi terpeleset terutama jika kondisi basah. Hindari melewati jalur yang berlawanan arah (jalur yang tidak ada polisi tidur, atau lebih rendah) sebab berpotensi tertabrak kendaraan dari depan.

5. Pastikan sepeda motor dalam kondisi baik

Terakhir, pastikan sepeda motor dalam kondisi baik sebelum memulai berkendara, terutama bagian pengereman, ban dan suspensi. Semua kondisi motor dalam keadaan prima, sesuai dengan anjuran pabrikan.