POPULAR STORIES

Begini Cara Setel Fog Lamp Mobil Agar Pencahayaan Maksimal

Begini Cara Setel Fog Lamp Mobil Agar Pencahayaan Maksimal Foto : KabarOto

KabarOto.com - Dalam sebuah mobil, pasti memiliki lampu utama tentu sangat berguna ketika jalanan gelap, atau berkendara malam hari. Namun beberapa mobil ada juga dilengkapi fog lamp atau lampu kabut, sebagai bantuan penerangan.

Namun di beberapa model ternyata fog lamp ini bisa diatur loh tingkat ketinggiannya, sehingga pencahayaan lebih maksimal.

Baca Juga : Begini Kelebihan Lampu Digital Light Di Mercedes-Benz The New GLC

Bagian belakang fog lamp ada tuas pengatur, yang bisa diputar gunakan obeng plus.

Caranya mirip seperti mengatur posisi lampu utama, fog lamp punya putaran untuk mengatur ketinggian sorotan lampunya. Walau jarang berubah posisi, ada baiknya kita coba periksa apakah hasil sorotan lampu sudah sesuai atau belum.

"Sesuaikan ketinggiannya dengan lampu utama, fog lamp ketinggiannya tidak boleh sejajar bahkan lebih tinggi dari lampu utama," jelas Rico selaku Owner RCA Store yang bermarkas di MGK Kemayoran.

Ilustrasi sorotan lampu utama dan foglamp saat malam hari.

Baca Juga : Bukan Hanya Untuk Belok, Ini Fungsi Lain Dari Lampu Sein Kendaraan

Caranya cukup mudah, tetapi tergantung penempatan fog lamp setiap mobil. Jika sudah bisa menjangkau tuas pemutar fog lamp, bisa putar gunakan obeng pendek plus, tinggal putar ke arah naik atau turun.

Pastikan batas sorotan kanan dan kiri foglamp sejajar atau sama ketinggiannya. Lalu bisa coba nyalakan lampu utama, pastikan batas teratas dari foglamp berada di batas bawah sorotan lampu utama.

"Lampu utama kan sorotannya jauh, jadi foglamp itu mengisi bagian kosong di bawah lampu utama yang tidak terisi cahaya," ujar Rico.