Begini Cara Wuling Produksi Mobil di Indonesia

Deni F Siahaan
Deni F Siahaan 08 May 2018 - 22:46
Begini Cara Wuling Produksi Mobil di Indonesia
Kunjungan ke pabrik Wuling di Indonesia

KabarOto.com - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) mengajak media untuk melihat lebih dekat pembuatan mobil Wuling yang dipasarkan di Indonesia secara langsung, di pabrik mereka yang berada di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (8/5/2018).

KabarOto turut menghadiri kunjungan pabrik seluas 60 hektare tersebut, berkesempatan untuk melihat lebih dekat proses produksi Wuling Cortez dan juga Confero, yang ternyata harus melalui beragam proses hingga akhirnya menjadi sebuah mobil yang utuh.

Baca juga: Intip Perbedaan Wuling Cortez 1.5 Tipe S dan C

Pembuatan kedua MPV asal Tiongkok tersebut pun cukup menarik. Setidaknya ada beberapa area produksi yang harus dilalui, baik oleh Wuling Confero maupun Cortez seperti press shop, body shop, hingga general assembly shop.

Press shop merupakan tahap awal dalam pembuatan produk Wuling, dimana pada area tersebut terdapat 4 mesin stamping berdaya tekan tinggi. Mesin pertama memiliki daya tekan sebesar 2.200 ton, lalu 3 lainnya berdaya tekan 1.000 ton.

Pabrik Wuling

Selanjutnya setelah dibentuk di area press shop, komponen tersebut memasuki area body shop. Pada area tersebut lempengan yang telah dibentuk, selanjutnya disambung dengan proses pengelasan.

"Tahapan pembuatan produk Wuling itu dari sebuah steel yang dibentuk di press shop, selanjutnya setelah berbentuk komponen, bahan dikirim ke body shop untuk disatukan dengan cara dilas," ungkap Arif Pramadana, Direktur Senior Manufaktur Wuling Motors Indonesia.

Pabrik Wuling

Setelah disatukan melalui proses body shop, rangka mobil yang sudah memiliki bodi utuh dipindahkan ke bagian painting shop, untuk dilakukan proses pengecatan. Setelah bodi Wuling memiliki warna, seluruh mobil tersebut dikirimkan ke area general assembly shop.

Di area general assembly shop, seluruh jajaran produk Wuling yang diproduksi mulai dilakukan pemasangan beragam komponen penting khususnya interior. Mulai dari dasbor, kabel-kabel kelistrikan, kursi, dan juga beberapa komponen pendukung lainnya.

Pabrik Wuling

Selain pemasangan komponen interior, beberapa komponen penting pada bagian eksterior pun turut dipasang yang meliputi ban, lampu depan dan belakang, wiper, spoiler, serta beberapa komponen lainnya.

Pasca melalui beragam proses tersebut, dan memiliki bodi yang utuh. Selanjutnya seluruh mobil yang diproduksi tersebut harus melalui beragam pengujian, seperti uji kebocoran, uji ketahan bodi, dan yang pasti uji jalan, sebelum akhirnya seluruh mobil yang diproduksi tersebut siap untuk dikirim ke dealer-dealer Wuling yang ada di tanah air.

Editor : rio