Begini Penerapan Rekayasa Lalu Lintas Di Tol Cikampek

Begini Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Cikampek

KabarOto.com - Mulai Rabu (28/10) sebagian karyawan akan menikmati cuti bersama sebab adanya libur nasional memperingati Maulud Nabi SAW. Libur panjang ini diperkirakan bakal dihiasi dengan arus lalu lintas yang meningkat karena banyak orang yang mudik.

Sejumlah kebijakan antisipasi kemacetan serta kepadatan lalu lintas pun dilakukan. Menunjang hal tersebut, Polda Metro Jaya mendirikan 16 pos pengamanan di sejumlah titik seperti rest area, tempat wisata, jalur tol, jalan arteri, gerbang tol, dan lainnya.

Baca Juga: Antisipasi Macet Libur Panjang, Berikut Persebaran 16 Pos Pengamanan Polri

Adapun skenario arus lalu lintas di sejumlah jalur juga dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang diperkirakan sudah dimulai pada Selasa (27/10) siang.

"Kami sudah menyiapkan berbagai skenario, misalnya jika terjadi kemacetan luar biasa di tol layang (elevated), skenarionya tol ditutup, arus lalu lintas dialihkan melintas di bawah," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Baca Juga: Perhatikan! Rest Area Jakarta - Cikampek Ditutup Berkala, Ini Jadwalnya

Selain melakukan pengalihan dan penutupan ruas tol, Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas contra flow. Ini akan dilakukan apabila arus lalu lintas di Cikampek terjadi kepadatan.

"Misalnya arus arah Cikampek kosong, lalu di kilometer tertentu dilaksanakan contra flow," tambahnya.

Apabila contra flow tak membantu pergerakan padatnya lalu lintas, maka pihak bertugas akan menerapkan sistem satu arah. Diimbau kepada para pengguna jalan untuk terus menerapkan protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19.