POPULAR STORIES

Begini Pengecekan Kaki-kaki Mobil Yang Umum Dialami Sobat Pasca Mudik

Begini Pengecekan Kaki-kaki Mobil yang Umum Dialami Sobat Pasca Mudik Tips untuk pengecekan kaki-kaki mobil pasca mudik (Kipli)

KabarOto.com - Perjalanan jauh pasca mudik pun butuh perawatan kendaraan yang tepat. Kendaraan yang digunakan perlu pengecekkan tambahan agar tetap berfungsi dengan baik.

Pasalnya, jalanan yang dilalui selama perjalan panjang kerap membuat komponen, parts kendaraan cepat aus seperti kondisi ban dan suspensi. Kondisi jalanan yang memiliki permukaan berbatu, berlubang akan membuat kondisi bagian komponen di atas cepat aus.

Jalanan berbatu bisa membuat kondisi ban menjadi aus jika terdapat permukaan yang tajam dan dapat melukai dari kondisi ban, hal ini perlu diperhatikan ban tersebut apakah masih bisa digunakan atau perlu dilakukan penggantian.

Baca Juga: Terjebak Di Kubangan Lumpur? Begini Cara Libas Trek Tanah Pakai Mobil 4x4 Dengan Ban Standar

Umumnya, bila kondisi ban yang terluka karena mengenai permukaan yang tajam lazimnya dapat dilakukan penggantian agar kendaraan dapat berfungsi dengan baik.

Sementara kondisi suspensi bermasalah dapat terdeteksi dengan mengalami perubahan suara dan kenyamanan pada saat kendaraan berjalan. Perubahan ini bisa dari suara yang tidak normal dan dapat mengganggu pengendara saat menggunakan mobil.

"Selain itu, gejala lainnya yang muncul seperti setir terasa bergetar, limbung di kecepatan tinggi sampai mobil sulit dikendalikan pada kecepatan rendah," terang Dwi Budi Utomo, Kepala Bengkel Astra Peugeot Solo.

Baca Juga: Rawan Dol, Begini Cara Perlakukan Baut Saat Ganti Oli

Dalam hal ini, suspensi perlu dilakukan pengecekan berkala agar dapat terdiagnosa komponen suspensi yang perlu diganti. Umumnya yang perlu dilakukan penggantian support sokbreker sudah aus, ball joint, Tie Rod, Bushing, Bearing, Link Stabilizer dan sokbreker rusak.

“Setelah mudik perlu dilakukan pengecekkan berkala dari dua komponen ban dan suspensi di bengkel kondisi kendaraan prima saat digunakan sehari-harinya,” tambahnya.

Selain komponen di atas, bisa dilakukan pengecekkan dari body part, mungkin saja terkena batu (stone chip) jalanan yang mengenai dari body kendaraan atau terkena benda tajam saat mudik lebaran.