POPULAR STORIES

Terjebak Di Kubangan Lumpur? Begini Cara Libas Trek Tanah Pakai Mobil 4x4 Dengan Ban Standar

Terjebak di Kubangan Lumpur? Begini Cara Libas Trek Tanah Pakai Mobil 4x4 dengan Ban Standar Julian Johan bagikan tips ke KabarOto agar mobil 4x4 standar bisa libas kubangan trek offroad (Kipli)

KabarOto.com - Sobat yang doyan main tanah lumpur atau offroad pakai mobil 4x4, wajib simak tips jika terjebak di kubangan. Dengan dana seadanya, pastinya Sobat juga ingin kan merasakan serunya naik mobil kesayangan di trek offroad meski kondisi mobil standar.

Nah, agar tak malah merepotkan dan terjebak, Julian Johan selaku offroader nasional membagikan tips kepada KabarOto, yang sekiranya berguna untuk diaplikasikan di trek bermodal mobil 4x4 dengan ban standar (HT).

Baca Juga: Galeri Keseruan Jambore Jeep Indonesia Perdana Tahun 2022

"Semakin halus tapak ban, semakin butuh putaran tinggi pada mesin kendaraan. Hal ini tentunya untuk mendapatkan traksi maksimal agar tak terjebak di lintasan offroad," ujar Jeje sapaan akrabnya.

Pemukim kawasan Depok, Jawa Barat itu menyarankan untuk menggunakan gear 2 maupun 3 untuk tipe transmisi manual, "Setelah merasakan dapat traksi pada roda, segera kurangi akselerasi pada pedal gas," wantinya.

Baca Juga: Ekonomi Membaik, DAS Indonesia Motor Makin 'Pede' Dengan Penjualan Jeep Di Indonesia

Ia juga bilang, agar berusaha tak berhentikan mobil selama berada di dalam kubangan agar tidak terjebak. Fokuskan mobil ke arah yang bakal dituju untuk mengurangi risiko terjebak dengan mengambil momentum terlebih dahulu.

"Memakai ban halus membuat kita tidak selalu bisa melibas gundukan, cara terbaik adalah ikuti alur, jangan dilawan agar mobil bisa terus melaju. Menjaga momentum juga sangat penting serta aktif memainkan setir belok kanan dan kiri secara bergantian agar traksi di ban maksimal," tutupnya.