POPULAR STORIES

Begini Penjelasan Pertamax Green 95

Begini Penjelasan Pertamax Green 95 Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - Pertamina telah merilis BBM baru dengan campuran Pertamax dan bioetanol yang asalnya dari molases tebu sebanyak 5%, dan klaimnya BBM ini beroktan atau RON 95.

BBM ini memang belum secara menyeluruh tersebar di Indonesia, hanya SPBU wilayah Jakarta, SPBU MT Haryono, Fatmawati 1, Fatmawati 2, Lenteng Agung, dan Kebayoran Lama. Serta 10 SPBU lainnya berada Surabaya, sebut saja daerah Jemursari, Sutomo, Mulyosari, Merr, Ketintang, Karang Asem, Mastrip, Citra Raya Boulevard, Juanda, dan Buduran.

Sekadar info, Bioetanol atau etanol diambil dari nabati yang mana di luar negeri hal ini juga sudah cukup wajar dilakukan bisa juga diambil dari bahan lain seperti jagung, kedelai dan lainnya. Khususnya di Indonesia, etanol diambil dari hasil tebu.

Baca Juga : Pertamax Green Rilis, Berikut Daftar Harga BBM Pertamina

Walau perlu diketahui juga kalau produksi tebu sebenarnya masih kurang di Indonesia. Bahkan untuk gula saja Indonesia masih impor dari luar. Hal ini sempat ditegaskan oleh Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

"Karena Indonesia kan tebunya masih kurang, untuk (kebutuhan) gula aja kita masih impor. Jadi mesti ditemukan dulu bahan bakunya," ujar Yohannes.

Terlepas dari itu, Pertamax Green 95 sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan bagi konsumen yang membutuhkan BBM dengan oktan lebih dari 92. Dengan harga paling terjangkau diantara RON 95 lainnya yakni Rp 13.500 per liter.

Menurut salah satu konsumen yang KabarOto temui saat mencoba mengisi Pertamax Green 95 di SPBU MT Haryono, tarikan mobil jadi jauh lebih padat selama sekitar 3 hari pemakaian di mobil Suzuki Carry.

Baca Juga : Update Harga BBM Pertamina, Shell, BP Dan Vivo Per 1 Agustus 2023

"Saya awalnya penasaran, biasa isi Pertamax. Ini sudah dua kalinya isi Pertamax Green, kalau menurut saya tarikan mobil jadi lebih enak, gasnya pada gitu dibanding isi Pertamax. Kalau lebih irit menurut saya mirip-mirip," papar Andrie selaku pemilik mobil.

Selain itu, saat KabarOto menjajal Pertama Green, kita mencoba mengeluarkan sedikit untuk mengetahui warna BBM ini. Senada dengan warna nozzle pengisiannya yang berwarna ungu, warna Pertamax Green ini sedikit keunguan gelap. Walau tidak ada pengaruh apapun soal warna terhadap kualitas BBM.