POPULAR STORIES

Begini Posisi Duduk Yang Benar Saat Menyetir

Begini Posisi Duduk yang Benar Saat Menyetir

KabarOto.com – Dalam menyetir mobil, kenyamanan berkendara harus di utama oleh pengemudi. Karena selain mengecek kondisi mobil sebelum berpergian, posisi berkendara harus nyaman terlebih dahulu, terutama jika ingin perjalanan jarak jauh. Selain itu, posisi berkendara yang benar, tentu membuat kita lebih fokus ke jalan.

Lalu bagaimana posisi berkendara yang benar? Berikut tips dari Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar.

Posisi ergonomis

“Saat mengemudi itu paling penting adalah soal posisi duduk harus benar-benar ergonomis. Pastikan punggung menempel dengan back rest atau sandaran jok. Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga Anda bersandar pada sudut sekitar 100 derajat,” ujar Rifat Sungkar.

Baca juga: Kenalan Dengan Sistem Penggerak Roda Depan dan Belakang Mobil

Duduk bersandar pada sudut ini akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah, sehingga membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman. Sebaiknya atur posisi duduk sebelum melakukan perjalanan.

Perhatikan posisi tangan

Selanjutnya posisi tangan, ini berperan penting karena selama perjalanan tangan yang akan mengendalikan stir dan tuas persneling. Baiknya, posisi tangan berada pada arah jam 9 dan jam 3.

“Caranya, bayangkan setir kemudi yang Anda kendalikan menyerupai jam dinding. Posisikan tangan kiri sesuai arah pukul 9 dan tangan kanan pada posisi arah pukul 3,” tambah pria yang juga memiliki sekolah berkendara defensive driving, Rifat Driving Labs ini.

Ia juga menambahkan agar mengatur posisi lingkar kemudi sesuai dengan postur badan. “Enaknya di setiap model mobil Mitsubishi, posisi setir bisa diatur naik turun dan maju mundur sesuai kenyamanan pengemudi berkat fitur Tilt and Telescopic Steering,” jelasnya.

Kaki tidak boleh menekuk

Selain tangan, posisi kaki saat mengemudi tidak boleh terlalu menekuk dan tidak boleh pula terlalu lurus. Pasalnya, posisi kaki yang tepat saat mengemudi akan mencegah nyeri lutut. Atur posisi kaki ini dengan menyetel maju mundur jok pengemudi.

Baca juga: Perhatikan Ini, Penyebab Rem Mobil Blong

Posisikan tinggi kursi

Terakhir, tinggi atau tidaknya kursi juga harus diperhatikan, atur sesuai dengan postur tubuh. Posisikan kursi hingga pinggul sejajar dengan lutut dan angkat kursi lebih tinggi jika tidak dapat melihat dengan jelas kaca depan.

Sebaiknya jangan mengemudi dengan pinggul lebih rendah dari lutut Anda karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki.

Selain mengatur posisi duduk, perhatikan juga waktu mengemudinya, menurut Rifat saat mengemudi malam hari perlakuannya sedikit berbeda. Memang menurut survey di Indonesia itu masih 80% lebih yang berkendara di siang hari, tapi tetap harus tahu kalau posisi duduk saat mengemudi di malam hari sedikit berbeda dari siang hari.

“Jadi mengemudi di malam hari itu harus memperhatikan sudut tikungan harus bisa dirasakan dengan jelas. Kalau di siang hari pengaturannya sudah pas, tapi di malam hari visibilitasnya berbeda sehingga harus ada penyesuaian sedikit,” ungkap Rifat.

Paling tidak menurut ada penyesuaian ketinggian jok sekitar 1 atau 2 cm lebih tinggi ketika berkendara di malam hari tujuannya supaya mendapatkan visibilitas yang tepat di malam hari.

Jadi sudah paham dong, bagaimana mengemudi yang benar. Yuk dibiasakan yah!