POPULAR STORIES

Kenalan Dengan Sistem Penggerak Roda Depan Dan Belakang Mobil

Kenalan dengan Sistem Penggerak Roda Depan dan Belakang Mobil

KabarOto.com - Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, rangkaian sistem kemudi menjadi hal yang penting menentukan performa sebuah mobil, seperti kenyamanan, kestabilan, dan efisiensi.

Lazimnya, di dunia otomotif terdapat lima jenis konfigurasi sistem penggerak mobil, yakni FF (Front Engine-Front Wheel Drive), FR (Front Engine-Rear Wheel Drive), MR (Mid Engine-Rear Wheel Drive), RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive), 4WD (Four Wheel Drive) dan AWD (All-Wheel Drive).

Baca Juga: Tips Mengemudi Go Green, Ini Yang Dilakukan Daihatsu Bagi Pengendara Mobilnya

Pasar mobil Indonesia didominasi oleh FF dan FR. Pada sistem kemudi FF, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak mobil berada di roda depan. Sedangkan di mesin FR, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak mobil terdapat di roda belakang.

FF atau Front Wheel Drive, mesin depan dan gerak roda depan

Menurut Sokhimi selaku Service Advisor dari Daihatsu Astrido Serpong, layout FF bisa membuat bahan bakar lebih efisien, "Mobil menjadi lebih ringan dikarenakan tidak adanya tambahan komponen di sistem penggerak yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang," ujarnya.

Baca Juga: Tips Berkendara Saat Musim Hujan Ala Daihatsu

Keunggulan lainnya mobil dengan penggerak roda depan, menurut pria berlogat Jawa Tengah tersebut, adalah traksi yang lebih baik di jalanan yang licin, seperti saat hujan.

"Hal ini dikarenakan roda depan sebagai penggerak kendaraan dan berat mesin mobil yang terletak di bagian depan kendaraan," imbuhnya.

FR atau Rear Wheel Drive, mesin depan berpenggerak roda belakang

Ia pun menjelaskan layout FR memiliki keunggulan dalam hal keseimbangan yang lebih baik, terutama saat akselerasi dan saat kendaraan dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

"Dikarenakan meratanya berat kendaraan dari depan sampai belakang. Selain itu, mobil dengan penggerak roda belakang juga dikenal lebih bertenaga saat di tanjakan dan membawa kendaraan penuh penumpang," jelasnya.