Tips Berkendara Saat Musim Hujan Ala Daihatsu

Tips Berkendara Saat Musim Hujan ala Daihatsu

KabarOto.com - Berkendara di musim penghujan sebenarnya bukan hal mudah karena konsentrasi mengemudi lebih tinggi. Pasalnya, hujan akan mempengaruhi visibilitas pengendara saat airnya menerpa kaca mobil. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberi memberikan beberapa tips persiapan berkendara saat musim hujan.

ADM menyebutkan ada tiga hal yang perlu dipersiapkan yaitu diri sendiri, kendaraan, dan selama berkendara. Bagi Sobat KabarOto yang berkendara saat hujan pastikan bahwa kondisi tubuh sedang fit agar mengurangi risiko bahaya berkendara. Selanjutnya siapkan payung dan pakaian hangat untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: Perhatikan Tekanan Angin Ban Agar Lebih Mencengkram Saat Terobos Hujan

Terkait kendaraan, pertama Sobat KabarOto periksa kondisi ban. Apabila sudah tipis sebaiknya segera diganti. Kondisi alur ban yang baik atau masih bagus akan membantu mobil saat menerjang genangan, sehingga terhindar dari aquaplanning atau slip.

Selain ban, cek juga bagian wiper yang akan menyapu air pada kaca depan dan belakang mobil. Tentunya ini akan sangat membantu pengendara agar visibilitas lebih baik. Tapi, kalau Sobat KabarOto melihat wiper yang digunakan sudah getas ada baiknya segera diganti karena kinerjanya sudah tidak maksimal.

Bagian lampu juga perlu dicek karena komponen ini akan membantu pengendara maupun pengguna jalan lain saat berkendara. Tak jarang cuaca saat hujan menjadi lebih gelap dan membutuhkan penerangan yang cukup.

Baca Juga: Ini Penyebab Asuransi Banjir Kendaraan Tidak Cover Kerusakan

Setelah menyiapkan kendaraan dan kebutuhan pribadi sebelum berkendara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau dilakukan saat mengemudi. Pertama, nyalakan lampu saat hujan deras karena biasanya pandangan menjadi lebih kabur dan gelap.

Ketika berkendara jaga kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain karena bisa membantu Sobat KabarOto menghindari genangan air yang menyebabkan aquaplanning.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Rawat Karet Wiper

Terakhir, jangan sembarangan menggunkan lampu hazzard. Penggunaan lampu darurat ini hanya diperkenankan bagi kendaraan yang berada di bahu jalan. Jika menggunakannya secara sembarangan, ini bisa memecah konsentrasi pengguna jalan lain dan terjadinya miss-informasi antar pengendara.

"Kami berharap, melalui sharing tips ini, pengendara bisa tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan," ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.